Live: Pergerakan Harga Emas 17 Maret 2022, Menguat Setelah The Fed Naikkan Suku Bunga

Bisnis.com,17 Mar 2022, 15:35 WIB
Penulis: Aprianto Cahyo Nugroho
Emas comex/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas menguat pada awal perdagangan hari ini, Kamis (17/3/2022), setelah sempat melemah menyusul keputusan The Fed untuk menaikkan suku bunga sebesar 25 basis poin.

Berdasarkan data Bloomberg, harga emas berjangka Comex untuk pengiriman April terpantau menguat 1,08 persen atau 20,60 poin ke level US$1.929,80 per troy ounce pada pukul 08.01 WIB.

Sementara itu, harga emas di pasar spot terpantau menguat 0,05 persen atau 0,95 poin ke level US$1.928,24 per troy ounce.

Harga emas sempat melemah anjlok hingga kembali ke level US$1.800 an sesaat setelah Federal Reserve memutuskan untuk menaikkan suku bunga acuan pertama kalinya sejak 2018. Namun, harga mampu kembali menguat hingga melampaui US$1.920.

Federal Reserve menutup pertemuan moneternya tak lama setelah pasar ditutup, mengumumkan keputusan menaikkan suku bunga untuk pertama kalinya sejak 2018 sebesar seperempat poin persentase untuk melawan kenaikan inflasi AS. Fed lebih lanjut menunjukkan bahwa dapat menaikkan suku bunga tujuh kali pada tahun 2022.

Ketua Fed Jerome Powell telah mengatakan kepada Kongres dalam beberapa pekan terakhir bahwa ia akan mendukung kenaikan suku bunga 25 basis poin pada pertemuan Fed Maret, memulai proses pengetatan kondisi keuangan untuk secara bertahap menurunkan permintaan dan inflasi.

The Fed juga merilis Ringkasan Proyeksi Ekonomi yang diperbarui, atau "dot plot", yang menunjukkan apa yang dipikirkan pejabat bank sentral tentang ke mana arah suku bunga dan pertumbuhan ekonomi. jangka pendek.

Anggota rata-rata Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengantisipasi The Fed akan menaikkan suku bunga hingga enam kali lagi tahun ini, menurut dot plot.

Dan ini terjadi karena anggota median sekarang mengharapkan Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) inti— atau pengukur inflasi pilihan Fed tidak termasuk harga makanan dan energi yang bergejolak - untuk mengakhiri tahun naik 4,1 persen, naik tajam dari proyeksi Desember 2,7 persen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianto Cahyo Nugroho
Terkini