Siapa Juara BRI Liga 1, Bali United atau Persib? Ini Skenarionya

Bisnis.com,19 Mar 2022, 21:15 WIB
Penulis: Robby Fathan
Pelatih Bali United Stefano 'Teco' Cugurra /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Memasuki pekan ke-31 liga teratas di Indonesia makin memanas, pasalnya hingga memasuki masa akhir kompetisi persaingan untuk menjadi kampiun BRI Liga 1 belum dapat dipastikan.

Setelah Bhayangkara FC menelan pil pahit kalah dari Persipura, maka kini hanya tinggal dua tim yang masih harus berjuang untuk menjadi tim terbaik tahun ini di Indonesia, dua tim tersebut adalah Bali United dan Persib Bandung.

Kompetisi Liga 1 musim 2021-2022 kini hanya menyisakan tiga pekan lagi, praktis tiga laga sisa yang akan berlangsung akan sangat krusial bagi kedua tim tersebut, laga-laga yang dilewati dalam tiga pekan kedepan akan serasa menjadi final bagi kedua tim.

1.      Bali United

Bali united menjadi tim yang paling berpeluang untuk menjadi juara BRI Liga 1, pasalnya tim tersebut kini masih kokoh di puncak Klasemen dengan raihan poin 66 dari 31 laga yang telah dilakoninnya tersebut.

Anak asuh Stefano Cugurra itu memiliki kans yang lebih besar untuk bisa menjadi juara ketimbang Persib Bandung, hanya dengan satu pertandingan saja, Bali United sudah dapat dipastikan meraih gelar juara, Bali United punya peluang untuk bisa menjadi juara lebih cepat dan tak perlu menunggu hingga akhir musim, yaitu pada akhir pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/2022, yaitu pada Senin (21/3/2022) malam WIB tim Serdadu Tridadu akan melakoni perlawanan dari Madura United, jika berhasil meraih kemenangan Bali United sudah tidak akan mungkin untuk dikejar oleh Persib Bandung.

Namun tidak ada yang tidak mungkin dalam sepak bola, jika bali United terpeleset pada pekan ke-32, penentuan juara akan terus berjalan hingga pekan ke-32 atau hingga akhir kompetisi.

Beberapa kemungkinan Bali United Juara

·         Bali United harus menunda dan memastikan gelar juara pada pekan ke-34 BRI Liga 1 seandainya mereka kalah dalam satu dari tiga pertandingan terakhirnya musim ini. Jika Persib berhasil memenangi tiga laga tersisa, setidaknya Bali United hanya boleh satu kali kalah jika ingin tetap menjadi juara, dengan anggapan jumlah poin kedua tim sama pada akhir musim, tapi Serdadu Tridatu unggul head to head

·         Bali United baru memastikan diri menjadi juara pada pekan ke-33 seandainya Persib berhasil memenangi laga kontra Persebaya Surabaya pada pekan ke-32 dan Persik Kediri pada pekan ke-33. Itu pun dengan syarat Bali United juga memenangi dua laga pekan ke-32 dan ke-33, yaitu menghadapi Madura United dan Persebaya Surabaya.

·         Bali United bisa menjadi juara pada pekan ke-32 BRI Liga 1 2021/2022 dengan kondisi Persib Bandung kalah dari Persebaya Surabaya, Sabtu (19/3/2022), sementara Serdadu Tridatu meraih kemenangan atas Madura United pada Senin (21/3/2022)

 

 

2.      Persib Bandung

Kini Persib Bandung berada di peringkat kedua dengan koleksi 66 poin dari 31 kali pertandingan yang telah dimainkan musim ini, setelah pekan sebelumnya maung bandung berhasil memenangkan pertandingan dengan Madura United dengan skor 3-2, tambahan tiga poin tersebut membuat persib terus membayangi Bali United di puncak klasemen yang berjarak 3 point

Untuk dapat meraih gelar juara tentu Persib masih harus berjuang di setiap laga hingga musim berakhir, Persib masih akan memainkan 3 laga yang cukup krusial di mana pada pekan 32 Maung Bandung harus melakoni perlawanan dari Persebaya yang mempunyai ambisi untuk lolos ke asia, terlebih lagi jika dilihat dari peringkat Persebaya merupakan lawan yang mungkin paling merepotkan Victor Igbonefo dan kawan-kawan.

Pada putaran pertama Persib harus mengakui keunggulan Persebaya dengan skor telak 3-0, Persib Bandung akan kembali bertanding melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan pekan ke-32 BRI Liga 1 pada 19 Maret 2022 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali

Selain Persebaya, pertandingan melawan Persik pada pekan 33, dan Barito pada pekan 34 tentu juga menjadi laga yang sangat krusial, di mana persib wajib memenangkan seluruh pertandingan agar tetap bersaing di jalur juara.

 Namun, walaupun Persib berhasil menyapu bersih tiga laga terakhir, hal itu tidak menjadikan mereka begitu saja langsung menjadi juara musim ini, untuk menjadi juara, selain memenangkan 3 laga terakhir, situasi tersebut harus didukung juga dengan hasil Bali United mengalami dua kali kekalahan atau 1 kali imbang dan 1 kali kalah.

Pelatih Persib Bandung berkomentar tentang perburuan gelar juara, Robert Alberts kembali menyentil soal regulasi venue pertandingan Liga 1 2021 yang digelar di Bali.

Pelatih asal Belanda tersebut mengatakan, Bali United mempunyai keuntungan besar karena bermain di rumah sendiri selama seri 4 dan seri 5.

"Saya sudah menyatakan dengan jelas sebelumnya, ketika series empat dan lima dipindahkan ke Bali. Itu sudah jelas bahwa ketika liga musim ini digelar, sudah dituliskan dalam regulasi bahwa tidak ada tim yang diizinkan tampil di kandang. Tapi kini kami semua dipaksa untuk pergi ke Bali. Bali United tentu memiliki keuntungan besar," tegas Robert Alberts dalam jumpa pers usai pertandingan kontra Arema, Rabu 9 Maret 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini