Film-film Keanu Reeves Dihapus dari Platform Streaming, Mengapa?

Bisnis.com,25 Mar 2022, 12:50 WIB
Penulis: Aliftya Amarilisya
Keanu Reeves

Bisnis.com, SOLO - Film-film yang dibintangi oleh Keanu Reeves dilaporkan telah dihapus dari sejumlah platform streaming China, seperti Tencent Video, Youku, Migu Video, Bilibili, dan Xigua Video.

Dikutip dari Variety, Jumat (25/3/2022), hal tersebut disebabkan karena aktor kelahiran Libanon tahun 1964 itu memberikan dukungan pro-kemerdekaan untuk Tibet.

Untuk diketahui, China pada dasarnya menolak klaim kemerdekaan Tibet dan telah lama memprovokasi seniman yang telah menyatakan dukungannya untuk Tibet dan/atau Dalai Lama.

Adapun dukungan yang diberikan Keanu Reeves kepada Tibet ini sendiri diumumkan tepat saat Matrix Resurrection debut di China. Akibatnya, film tersebut pun diboikot oleh para nasionalis dan gagal menjadi film box office.

Sementara itu, menurut laporan dari Times, film-film Keanu Reeves yang dihilangkan, di antaranya adalah trilogi Matrix, Speed, Bill & Ted's, Excellent Adventure, Something's Gotta Give; dan The Lake House.

Lebih jauh, dari platform streaming Tencent Video sendiri, diketahui setidaknya terdapat 19 film Keanu Reeves yang ditarik.

Namun, untuk film di mana ia menjadi pengisi suara, seperti Toy Story 3, urung dihapus dari streamer teratas Youku dan Migu Video. Hanya saja, dalam kreditnya hanya menampilkan pemeran sulih suara lokal dan nama Reeves tidak tercantum.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aliftya Amarilisya
Terkini