Konten Premium

Antisipasi Arus Mudik Lebaran, Operator Bandara Diminta Siaga

Bisnis.com,29 Mar 2022, 06:38 WIB
Penulis: Anitana Widya Puspa
Penumpang pesawat mengantre di loket lapor diri sebelum melakukan penerbangan di area Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (17/12/2021). Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mencatat selama periode 1 hingga 16 Desember 2021, sebanyak 37.214 WNI melakukan perjalanan ke luar negeri melalui Bandara Soekarno Hatta, sedangkan WNI yang tiba ke Indonesia melalui Bandara Soekarno Hatta dari luar negeri sebanyak 40.557 orang./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Sembari menunggu aturan mudik lebaran 2022, para stakeholder diminta mengantisipasi prosedur pengecekan bagi para penumpang yang memenuhi syarat. Tak hanya itu, operator bandara juga didorong agar bersiap supaya tidak terjadi penumpukan penumpang seperti yang terjadi baru-baru ini.

Ketua Asosiasi Pengguna Jasa Penerbangan Indonesia (APJAPI) Alvin Lie mengkhawatirkan ketidaksiapan pemerintah dengan adanya penumpukan penumpang pada periode mudik lebaran. Pasalnya pemerintah juga belum bisa mengantisipasi dengan baik lonjakan kedatangan penumpang internasional di Bandara Soekarno-Hatta setelah kebijakan tanpa karantina dirilis.

"Yang penting ini, antisipasi pergerakan mudik. Saya berharap pihak bandara dan Kantor Kesehatan Pelabuhan serta pihak lainnya mulai antisipasi ledakan arus mudik terutama dengan  persyaratan pemerintah yang menunjukkan bukti sudah vaksinasi tiga kali booster," katanya, Senin (28/3/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Dwi Nicken Tari
Terkini