IHSG Dibuka Mantul! Saham BBRI dan TLKM Diburu Asing, TOBA Melejit

Bisnis.com,07 Apr 2022, 09:17 WIB
Penulis: Farid Firdaus
Karyawan melintas di dekat layar penunjuk pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (12/6/2019)./Bisnis-Felix Jody Kinarwan

Bisnis.com, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka menguat tipis 0,09 persen atau 6,49 poin ke 7.110,70 pada awal perdagangan Kamis (7/4/2022).

Tercatat, sebanyak 142 saham menguat, 89 saham melemah dan 247 saham diperdagangkan stagnan pagi ini. Kapitalisasi pasar bursa parkir di Rp8.953,73 triliun. IHSG terpantau sempat mampir sebentar ke zona merah sebelum memantul lagi ke zona hijau dengan penguatan 0,37 persen pada 09.16 WIB. 

Investor asing mencatatkan aksi beli bersih di seluruh pasar sebanyak Rp46,48 miliar pada 09.06 WIB. Saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (BBRI) menjadi yang paling banyak diborong asing Rp52,2 miliar. Menyusul saham PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM) yang dikoleksi asing Rp10,2 miliar.

Saham PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) menempati posisi atas top gainers dengan penguatan 6,67 persen. Sedangkan saham PT Kobexindo Tractors Tbk. (KOBX) menempati puncak top losers dengan pelemahan 4,21 persen

CEO Indosurya Bersinar Sekuritas William Surya Wijaya mengungkapkan, pergerakan IHSG terlihat kembali melalui rentang konsolidasi wajar usai mencatatkan rekor all time high pada beberapa waktu sebelumnya.

Adapun rilis data perekonomian mengenai cadangan devisa disinyalir masih berada dalam kondisi stabil dapat menjadi salah satu sentimen positif untuk beberapa sektor tertentu. 

"Data cadangan devisa sekaligus menjadi salah satu indikator bahwa perekonomian masih berada dalam keadaan terkendali, sehingga momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan oleh para investor untuk melakukan akumulasi pembelian," jelasnya dalam riset harian, Kamis (7/4/2022).

Menurutnya, hari ini IHSG berpotensi mengalami koreksi wajar pada kisaran 6.988-7.167. Sementara saham-saham yang bisa dicermati antara lain ITMG, TBIG, ASII, BBCA, ASRI, AKRA, dan MYOR. 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farid Firdaus
Terkini