Kabar Baik! Vaksin Covid-19 Zifivax Siap Dipasarkan

Bisnis.com,09 Apr 2022, 07:44 WIB
Penulis: MG Noviarizal Fernandez
Vaksin Zifivax yang dikembangkan perusahaan China, Anhui Zhifei Longcom Biopharmaceutical merupakan vaksin berbasis protein sub unit rekombinan./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Belasan juta vaksin Covid-19 Zifivax siap digelontorkan ke pasar Indonesia. 

Direktur Pemasaran PT Jakarta Biophramaceuticals Industry (JBio) Chairuddin mengungkapkan bahwa sebenarnya stok vaksin dengan standar halal itu ada dan stoknya tersedia.

"Ya, kalau saya ditanya. Kalau ada yang mau beli, kami siap 15 juta besok pagi juga," ujarnya, Sabtu (9/4/2022).

Untuk diketahui, PT JBio bersama PT Biotis Pharmaceuticals Indonesia dan Anhui Zifei, adalah produsen dari vaksin Covid-19 Zifivax di Indonesia.

Kedua perusahaan ini juga berhasil menggandeng Anhui Zifei Loncom, sebuah perusahaan Bio Technology dari Cina yang berdiri sejak tahun 2000, untuk produksi dan pengadaan vaksin Covid-19, Zifivax, di Indonesia melalui kerjasama produksi fill and finished.

Anhui adalah perusahaan yang sudah go public di Cina dan telah berhasil memproduksi berbagai jenis vaksin yang dibutuhkan manusia termasuk vaksin Covid-19 jenis rekombinan yang sudah banyak digunakan di berbagai negara termasuk di China.

Sebelumnya, Komisaris Utama PT Biotis, Osbal Saragi Rumahobo mengatakan, sesuai dengan interim report, hasil uji klinis fase 3 menunjukkan bahwa vaksin Zifivax memiliki kualitas yang baik ditandai dengan efikasi yang tinggi terhadap serangan berbagai jenis varian Covid-19.

“Tingkat efikasinya masing-masing 81,76 persen secara umum, lalu 77,54 terhadap varian Delta, kemudian 100 persen terhadap varian Gamma, serta 90,01 persen terhadap varian Kappa,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Farid Firdaus
Terkini