Simak! Ini Cara Isi eHAC untuk Mudik Lebaran 2022

Bisnis.com,13 Apr 2022, 13:39 WIB
Penulis: Lukman Nur Hakim
Ilustrasi tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel. /Bisnis-Rio Sandy Pradana

Bisnis.com, JAKARTA – Pemudik yang akan melakukan perjalan mudik pada semua moda transportasi jelang Hari Raya Idulfitri tahun ini harus mengisi eHAC. Berikut cara mengisi eHAC di Pedulilindungi sebagai syarat mudik Lebaran 2022

Sebelumnya, pemberlakuan eHAC hanya dikhususkan untuk perjalanan dengan moda transportasi udara saja. Namu, Digital Transformation Office Kementerian Kesehatan (DTO Kemenkes RI) mengumumkan bahwa tahun ini pengisian eHAC di PeduliLindungi menjadi syarat melakukan perjalanan mudik di seluruh moda transportasi.

“Dengan diterbitkannya Surat Edaran (SE) Kemenhub No.36-38 Tahun 2022, masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik, baik dengan moda transportasi darat, laut dan udara wajib mengisi eHAC sebagai syarat untuk melanjutkan perjalanan,” kata Chief of DTO Kemenkes RI Setiaji dalam siaran pers, Rabu (13/4/2022). 

Mulai tanggal 5 April 2022, petugas di seluruh moda transportasi akan memeriksa status kelayakan perjalanan melalui eHAC atau electronic-health alert card yang telah diisi oleh para pemudik sehari atau sesaat sebelum melakukan perjalanan mudik. 

Namun, Setiaji mengungkapkan khusus bagi pelaku perjalanan dengan kendaraan pribadi, pemeriksaan akan diberlakukan sistem secara acak. Lalu, bagaimana cara mengisi eHAC untuk mudik Lebaran 2022? 

Cara Mengisi eHAC Domestik 2022

Berikut panduan dan langkah-langkah mengisi eHAC di aplikasi PeduliLindungi bagi pelaku perjalanan domestik:

Berikut beberapa syarat yang dapat dipenuhi pemudik untuk memperoleh status kelayakan perjalanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini