Konten Premium

Greenshoe Saham Gojek Tokopedia (GOTO), Jurus atau Bom Waktu?

Bisnis.com,18 Apr 2022, 19:35 WIB
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Seremoni pencatatan saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) di Bursa Efek Indonesia, Senin (11/4/2022). GoTo meraih dana Rp15,8 triliun dari IPO dan penjualan saham treasury./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA – Sepekan terakhir barangkali masih jadi masa-masa menyenangkan bagi investor publik yang memesan saham IPO PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO). Meski sempat diliputi koreksi harian, skema greenshoe option yang ditempuh perusahaan teknologi tersebut relatif meminimalisir ketakutan investor ritel.

Terhitung hingga pengujung perdagangan Senin (18/4/2021), saham GOTO memiliki label harga Rp378 per saham. Nominal ini mencerminkan tren kenaikan 11,83 persen dari posisi Rp338 ketika IPO.

Bagi Anda yang masih asing, greenshoe option atau overallotment (penjatahan lebih) merupakan mekanisme yang memungkinkan emiten, dalam hal ini GOTO untuk menunjuk broker tertentu sebagai agen stabilisasi harga sahamnya. Dalam konteks inilah CGS-CIMB Sekuritas, agen yang ditunjuk GOTO, dapat melakukan pembelian saham tambahan yang telah dialokasikan perseroan apabila sewaktu-waktu harganya turun di bawah level IPO.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini