Menjelang Mudik Idulfitri 1443 H, Wapres Beri Pesan Ini ke Pemda

Bisnis.com,23 Apr 2022, 14:37 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Wakil Presiden Ma'ruf Amin/ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin meminta pemerintah daerah (pemda) untuk menyiapkan berbagai upaya agar tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 seperti yang terjadi di beberapa negara akhir-akhir ini.

"Di beberapa negara sudah mulai ada peningkatan, seperti di Inggris dan China. Kita tidak ingin dengan adanya lebaran dan mudik ini kemudian menjadi sebab terjadinya peningkatan (kasus Covid-19). Itu yang harus kita jaga," ujarnya lewat keterangan tertulis, Sabtu (23/4/2022).

Dia juga menyampaikan pesan kepada para pemudik lebaran yang diperkirakan mencapai 70 hingga 80 juta orang agar mematuhi sejumlah syarat sebelum bepergian, yaitu menjaga protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi Covid-19

"Pesan saya supaya pemudik tetap menjaga kesehatan, menerapkan protokol kesehatan, kemudian (melakukan) vaksinasi Covid-19," ujarnya.

Khusus terkait vaksinasi, lanjutnya, pemerintah telah meminta agar para pemudik telah memperoleh vaksin booster agar lebih aman.

"Karena di tempat yang mereka tuju untuk mudik itu ada orang tua, ada orang sakit, ada anak-anak," katanya.

Dia melanjutkan, jangan sampai, para pemudik menjadi penyebab penularan virus Corona baik dari pemudik kepada keluarganya di kampung atau sebaliknya.

"Ini harus dijaga. Jangan dari kota membawa virus ke kampung dan dari kampung jangan membawa virus ke kota," harapnya. 

Oleh karena itu, Wapres meminta agar protokol kesehatan dan vaksinasi terus dilakukan baik untuk pemudik maupun keluarganya di kampung halaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Andhika Anggoro Wening
Terkini