Cegah Kendaraan Mengular Saat Arus Mudik, Polresta Cirebon Bentuk Tim Urai

Bisnis.com,25 Apr 2022, 13:30 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Polresta Cirebon membentuk tim urai yang bertugas selama Operasi Ketupat Lodaya 2022.

Bisnis.com, CIREBON - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Cirebon membentuk tim urai yang bertugas selama Operasi Ketupat Lodaya 2022. Tim urai berjumlah 35 personel itu, memiliki tugas melakukan penguraian kemacetan lalu lintas saat arus mudik.

Kepala Polresta Cirebon Kombes Arif Budiman mengatakan tim urai tidak hanya bertugas di jalur arteri, melainkan jalur tol yang bakal diterapkan sistem satu arus atau one way dari Jakarta sampai dengan Gerbang Tol Kalikangkung.

"Kami mengantisipasi apabila terjadi kendaraan mogok ataupun ada kendaraan yang mungkin tidak layak dan sebagainya dan mengakibatkan terjadinya kemacetan," kata Arif di Mapolresta Cirebon, Jalan Dewi Sartika, Kabupaten Cirebon, Senin (25/4/2022).

Puluhan tim urai tersebut bakal dibagi ke dalam ketiga tim, pertama akan bertugas secara di jalur tol dari perbatasan Majalengka sampai dengan perbatasan Brebes.

Tim kedua, akan bertugas di jalur arteri mulai dari perbatasan Indramayu sampai dengan wilayah perbatasan Polres Cirebon Kota.

Sementara tim ketiga, ditempatkan dari perbatasan Brebes sampai dengan perbatasan Cirebon kota.

Arif mengatakan, puluhan orang tersebut akan ditempatkan tidak hanya titik kerawanan, namun juga titik yang memang menjadi konsentrasi skenario penguraian terkait dengan kepadatan maupun tingkat kemacetan arus lalu lintas.

"Diharapkan dengan Tim Urai ini akan lebih memberikan akselerasi keputusan-keputusan cepat yang memang harus dilaksanakan apabila terjadi peningkatan sekaligus juga kepadatan arus rangka pengamanan Operasi Ketupat Lodaya Tahun 2022," kata Arif.

Selama masa mudik lebaran, Polresta Cirebon memprediksi, sekira 200.000 warga Kabupaten Cirebon yang berada di luar kota, bakal melakukan perjalanan mudik ke kampung halamannya masing-masing.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ebanyak 2.600 personel gabungan diturunkan dalam Operasi Ketupat Lodaya 2022 di wilayah hukum Polresta Cirebon.

Ribuan petugas tersebut untuk memastikan arus mudik dan balik berjalan lancar.

Operasi berlangsung dari 22 April hingga 9 Mei 2022. Sasaran utamanya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang melaksanakan mudik Lebaran tahun 2022.

Ribuan personel nantinya bakal disebar di 17 posko. Sebanyak 3 di jalur tol dan 14 di jalur arteri. Posko di jalur arteri juga tersebar dari mulai perbatasan Indramayu, Kuningan, Majalengka, hingga Brebes, Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini