PP Muhammadiyah Umumkan Lebaran 2 Mei 2022, Pemerintah Kapan?

Bisnis.com,26 Apr 2022, 11:03 WIB
Penulis: Alifian Asmaaysi
Ilustrasi - Mahasiswa mengamati posisi hilal (bulan) saat dilakukan rukyatul hilal guna menentukan 1 Syawal di IAIN Madura, Pamekasan, Jawa Timur, Senin (3/6/2019)./Antara Foto-Saiful Bahri.

Bisnis.com, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengumumkan Lebaran atau Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1443 H jatuh pada hari Senin, (2/5/2022).

Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid, dan telah termaktub dalam maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/1.0/E/2022 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah 1443 Hijriah.

Sekretaris PP Muhammadiyah Agung Darmanto menghimbau masyarakat untuk dapat melaksanakan ibadah Salat Ied dan perayaan ibadah lainnya agar dapat dilaksanakan secara khusu.

“Seluruh pelaksanaan rangkaian perayaan ibadah pada Idulfitri 1443 H, harus dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (26/4/2022).

Agung juga menghimbau agar momentum perayaan Idulfitri 1443 H hendaklah dimanfaatkan sebaik mungkin untuk mempererat ukhuwah islamiah serta memperkuat solidaritas serta silaturahmi antar umat muslim.

Pasalnya, selama dua tahun belakangan umat muslim tak bisa mempererat tali silaturahmi secara fisik lantaran situasi pandemi Covid-19.

“Muslimin dan muslimat dimanapun berada dapat memanfaatkan Hari Raya Idulfitri untuk memelihara silaturahmi dengan mengucapkan salam atau mengunjungi sanak kerabat dalam rangka menjaga tali silaturahmi setelah dua tahun terdampak Covid-19,” ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini