Konten Premium

Arti Kemenangan Macron untuk Masa Depan Uni Eropa dan NATO

Bisnis.com,26 Apr 2022, 11:15 WIB
Penulis: John Andhi Oktaveri
Tangkapan layar - Emmanuel Macron dan istrinya Brigitte Marie-Claude Macron disambut pendukungnya di Paris usai proyeksi hasil pemilu Prancis memastikan dia kembali terpilih sebagai presiden, Minggu (24/4/2022) malam waktu setempat. JIBI/Bisnis-Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Kemenangan Emmanuel Macron dari Marine Le Pen dalam Pemilihan Umum Prancis pada pekan lalu memiliki arti penting, tidak saja bagi perkembangan politik Eropa, tapi juga bagi Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) pada masa datang.

Sebagai salah satu negara paling berpengaruh di Kawasan Uni Eropa, perkembangan politik tersebut menjadi sorotan dunia di tengah kian menguatnya dukungan terhadap arus politik sayap kanan yang dimotori oleh Le Pen. Hal itu tercermin dari hasil pemungutan suara dengan margin yang semakin tipis meski angka itu cukup aman bagi Macron untuk meneruskan jabatan untuk periode kedua.

Dengan perbandingan raihan suara 58,8 persen melawan 41,2 persen, sebagaimana dikutip CNN.com, Senin (25/4/2022), memang Macron bisa bernapas lega, karena dia dipastikan kembali melenggang ke Istana Elysee.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini