Ini Tiga Ibadah dan Amalan di Akhir Ramadan yang Dilakukan Rasulullah SAW

Bisnis.com,27 Apr 2022, 09:38 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Umat muslim melaksanakan Shalat Tarawih pertama di Masjid Agung Baitul Makmur, Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (5/5/2019). Sebagian besar umat muslim di Indonesia melaksanakan Shalat Tarawih pertama di bulan Ramadan 1440 H pada 5 Mei 2019./ANTARA/Syifa Yulinnas

Bisnis.com, SOLO - Ramadan sudah memasuki minggu terakhir, di mana waktu-waktu ini memiliki banyak hidayah di dalamnya.

10 hari terakhir Ramadan pun menjadi malam-malam yang istimewa bagi umat muslim karena terdapat malam lailatul qadar.

Selain mengejar lailatul qadar dengan meningkatkan ibadah, umat muslim juga bisa melakukan amalan yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW.

Melansir dari NU Online, Syekh Zainuddin al-Malibari dalam kitabnya, Fathul Mu’in, menjelaskan bahwa ada tiga amalan utama untuk mengisi hari-hari di fase sepertiga terakhir Ramadhan.

Yang pertama yakni memperbanyak sedekah, dengan cara mencukupi kebutuhan keluarga dan berbagi rezeki dengan sesama.

Kemudian hal kedua yang dapat dilakukan untuk memperbanyak ibadah yakni membaca Al-Quran. Imam Syarofuddin An-Nawawi menjelaskan bahwa membaca Al-Qur'an di akhir malam lebih baik ketimbang awal malam.

Al-Quran paling baik dibaca pada siang hari adalah setelah shalat shubuh. Kemudian Syekh Sayid Abu Bakar Syatha dalam I’anatut Thalibin menambahkan bahwa membaca Al-Qur'an di malam hari lebih utama daripada siang hari karena lebih fokus.

Adapun hal terakhir yang dilakukan yakni memperbanyak iktikaf di sepuluh terakhir Ramadhan. Sebab, Rasulullah SAW melakukan hal tersebut sebagai bentuk meningkatkan ibadahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini