Jokowi dan Presiden Portugal Berbincang via Telepon, Bahas Apa?

Bisnis.com,29 Apr 2022, 15:25 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Presiden Jokowi saat berpidato pada World Economic Forum, Kamis (20/01/2022), secara virtual, dari Istana Kepresidenan Bogor, Jabar. - Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr.rn

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan dirinya baru saja berbincang dengan Presiden Portugal, Marcelo Rebelo de Sousa melalui sambungan telepon.

Dalam obrolan melalui sambungan telepon itu, Jokowi mengatakan bahwa dirinya dan Presiden Portugal membahas mengenai berbagai macam isu yaitu terkait penguatan kerja sama bilateral, G20 hingga situasi di Ukraina.

“Senang berbicara dengan Presiden Marcelo Rebelo de Sousa dari Portugal. Kami membahas banyak masalah [seperti] penguatan kerja sama bilateral, situasi di Ukraina, mendorong pemulihan ekonomi global dan peran penting G20 dalam hal ini," kata Jokowi dikutip dari akun Twitter @jokowi, Jumat (29/4/2022)

Kendati demikian, Jokowi tidak mendetailkan obrolan tersebut. Namun, dirinya mengatakan Presiden Portugal bakal datang ke Indonesia pada tahun depan.

“Saya berharap dapat menyambut Presiden Sousa ke Indonesia tahun depan,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga menelepon Presden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (29/4). Dalam perbincangan melalui sambungan telepon, kedua kepala negara membahas terkait situasi di Ukraina dan G20.

Jokowi juga menekankan bahwa perang harus segera dihentikan dan negosiasi damai harus segera dilaksanakan.

"Indonesia siap berkontribusi untuk mencapai tujuan ini," cuit Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Fitri Sartina Dewi
Terkini