Adenovirus Penyebab Hepatitis Akut? Cara Penyebaran, Gejala, Pencegahan

Bisnis.com,05 Mei 2022, 13:45 WIB
Penulis: Anshary Madya Sukma
Ilustrasi Adenovirus/WebMD

Bisnis.com, JAKARTA – Belum selesai pandemi Covid-19, dunia kini dihantui ancaman penyakit hepatitis akut misterius yang menyerang anak-anak. Penyakit ini bahkan bisa membuat pengidapnya meninggal dunia. Benarkah hepatitis akut ini disebabkan oleh Adenovirus?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam sekaligus Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zubairi Djoerban mengatakan bahwa hepatitis akut ini sebagian disebabkan oleh Adenovirus. Meskipun sebelumnya, Adenovirus tidak pernah dikaitkan dengan hepatitis dan tidak akan menyerang liver, kecuali saat imunitas sedang buruk.

Lalu, apa itu Adenovirus?

Dilansir dari webmd.com pada Kamis (5/5/2022), Adenovirus merupakan sekelompok virus umum yang menginfeksi lapisan mata, saluran udara paru -paru, usus, saluran kemih, dan sistem saraf. Virus ini biasanya merupakan penyebab umum dari demam, batuk, sakit tenggorokan, diare, dan mata merah.

Adenovirus biasanya akan menyerang anak-anak daripada orang dewasa, lalu dalam penyembuhan penyakit yang disebabkan oleh Adenovirus biasanya akan sembuh sendirinya dalam beberapa hari. Namun, virus ini juga dapat membahayakan ketika menyerang anak-anak yang sistem imunitasnya sedang buruk.

Penyebaran Adenovirus

Dalam hal penyebaran Virus ini sangat mudah menular, seperti tetesan batuk atau bersin dan mendarat dipermukaan dapat terjadi penyebaran. Pada anak-anak virus ini tersebar lebih cepat, ketika seorang anak menyentuh permukaan tersebut maka bisa jadi anak tersebut tertular Adenovirus, karena anak lebih cenderung meletakan tangan pada wajah dan mulut mereka.

Hal lain yang membantu proses penyebaran ini sangat banyak dan bisa ditemui pada kehidupan sehari-hari seperti saat mengganti popok, memakan makanan yang disiapkan oleh seseorang yang tidak mencuci tangan dengan benar.

Gejala Adenovirus

Setiap jenis Adenovirus dapat mempengaruhi seseorang secara berbeda tergantung penyakitnya, berikut adalah gejala ketika mengidap Adenovirus dalam jenis penyakit yang berbeda, antara lain:

Lalu, hubungi dokter segera jika anak memiliki gejala yang lebih serius seperti, kesulitan bernapas, pembengkakan di sekitar mata mereka, demam yang tidak kunjung hilang setelah beberapa hari dan tanda-tanda dari dehidrasi.

Perlakuan Adenovirus 

Setelah seseorang dinyatakan terpapar Adenovirus maka tidak disarankan untuk memakai Antibiotik, karena obat ini tidak bisa melawan infeksi adenovirus dan hanya membunuh bakteri. Nah, berikut tips yang dianjurkan untuk memperlakukan anak saat terpapar Adenovirus, yaitu :

Pencegahan Adenovirus 

Pencegahan penyebaran Adenovirus ini bisa dimulai dari hal-hal yang kecil seperti memperbaiki pola kesehatan hidup Anda, jika dirincikan ada 7 tips pencegahan yang bisa dibiasakkan sehari-hari, sebagai berikut;

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini