Arus Balik Lebaran 2022: Ini Aturan Kendaraan di Pelabuhan Merak

Bisnis.com,05 Mei 2022, 10:48 WIB
Penulis: Anshary Madya Sukma
Ratusan kendaraan yang akan menyeberang ke Sumatera memenuhi tempat parkir di Pelabuhan Merak, Banten, Kamis (28/4/2022) dinihari. Peningkatan pemudik dan kendaraan di pelabuhan tersebut menyebabkan kemacetan sepanjang 7 kilometer dari Pelabuhan Merak hingga Kota Cilegon bagian barat. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/nym.rn

Bisnis.com, JAKARTA – Padatnya volume kendaraan di Pelabuhan Merak, Banten saat arus mudik Lebaran membuat Kepolisian Daerah (Polda) Banten akan mengevaluasi kejadian tersebut. Berikut aturan kendaraan saat arus balik di Pelabuhan Merak. 

Evaluasi tersebut ditujukan untuk mengantisipasi arus balik yang akan terjadi pada 6-9 Mei 2022. Polda Banten membuat strategi agar pelayanan mereka menjadi adaptif dengan arus balik mendatang.

Kepala Bidang Humas Polda Banten, Kombes Pol. Shinto Silitonga menganalisa bahwa mudik tahun 2022 dominan meningkat dibanding tahun 2019, menurutnya saat ini telah terjadi penurunan mobilitas pada pemudik yang menggunakan motor.

Berikut rincian pengaturan kendaraan saat arus balik Lebaran di Pelabuhan Merak, Banten. 

Arus Balik Menuju Jakarta

Arus Mudik Menuju Sumatera

Selain itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau kepada masyarakat agar membeli tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan secara online.

Hal ini untuk mengantisipasi arus balik yang akan datang dan juga agar tidak terjadi penumpukkan di area Pelabuhan seperti yang terjadi saat arus mudik untuk sektor (Bakauheni – Merak).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Feni Freycinetia Fitriani
Terkini