Lombok Tengah Kejar PAD Melalui Sport Tourism

Bisnis.com,10 Mei 2022, 15:23 WIB
Penulis: Harian Noris Saputra
Sirkuit Motocross Lantan, Lombok Tengah.

Bisnis.com, MATARAM - Kabupaten Lombok Tengah sedang konsentrasi mengembangkan sport tourism untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

Setelah merasakan dampak dari event MotoGP di Mandalika, Pemkab Lombok Tengah membangun sirkuit motocross di kawasan Lantan dengan nilai Rp18 miliar. Bupati Lombok Tengah Fathul Bahri menjelaskan event balap internasional seperti MotoGP telah memberikan kontribusi besar bagi PAD.

"Dari event MotoGP Mandalika, kami mendapat pajak hiburan mencapai Rp12 miliar, itu belum termasuk dampak ekonominya bagi masyarakat. Oleh sebab itu pembangunan sirkuit motocross Lantan sangat berpotensi menambah pendapatan daerah," jelas Fathul melalui keterangan tertulis, Selasa (10/5/2022).

Fathul menjelaskan pembangunan sirkuit di kawasan Lantan sebagai bentuk pemerataan di Lombok Tengah bagian Utara. "Semoga ini menjadi daya dorong pertumbuhan ekonomi di kawasan Utara Lombok Tengah. Sirkuit ini juga permintaan masyarakat di bagian Utara. Sedangkan kawasan Selatan sudah ada sirkuit MotoGP yang dampaknya sudah kita rasakan," ujar dia.

Pemkab Lombok Tengah sudah menargetkan event balap motocross pada November mendatang. Event tersebut diyakini akan mendatangkan 20.000 orang penonton.

"Kami juga menyiapkan sumber daya manusia Lombok Tengah untuk berkontribusi di berbagai event balap internasional. Intinya masyarakat Lombok Tengah tidak boleh miskin di tengah pembangunan yang masif," kata Fathul.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah, menjelaskan adanya sirkuit Motocross Lantan yang berstandar internasional akan mampu menggerakkan ekonomi daerah. "Event MotoGP selama tiga hari saja perputaran ekonomi Rp606,7 miliar, apalagi ditambah dengan event motocross, sumber penggerak ekonomi NTB semakin ramai," kata Zul.

Event internasional kata Zul, akan memaksa daerah untuk berbenah, baik dari segi akomodasi maupun fasilitas lainnya. "Ini menjadi spirit Pak Bupati Lombok Tengah, dengan menghadirkan internasional event mengharuskan dan memaksakan untuk berbenah, dari segi fasilitas prasarana. Jangan hanya ruang tamu yang dibersihkan tapi toilet juga harus bersih untuk kenyamanan para tamu," kata Zul. (K48)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Miftahul Ulum
Terkini