Pandemi Terkendali Pascalebaran? Menkes: Tunggu Sampai Akhir Bulan

Bisnis.com,17 Mei 2022, 19:46 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Pemudik menunggu di ruang tunggu keberangkatan di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, Minggu (1/5/2022)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa pihaknya belum melihat tanda-tanda kenaikan kasus Covid-19 yang pascamudik Idulfitri 1443 H.

“Namun, menurut Saya seharusnya masih ada potensi kenaikan kasus, karena mobilitas naik lebih tinggi, tetapi selama positivity rate di bawah 5 persen bisa dapat dikatakan terkendali,” ujarnya dikutip melalui Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (17/5/2022).

Menkes melanjutkan, berdasarkan peringatan hari raya keagamaan sebelumnya, indikasi kenaikan kasus terjadi setelah 27–34 hari setelahnya.

“Jadi, bila Idulfitri terjadi 2 Mei kami akan meninjau lagi apakah ada lonjakan kasus hingga akhir bulan ini. InshaAllah tidak ada kenaikan [kasus] yang signifikan, tetapi harus tetap ditunggu agar lebih jeli terhadap keputusan yang dilakukan nantinya,” katanya.

Lebih lanjut, Budi mengatakan apabila masyarakat diketahui terinfeksi Covid-19 maka akan tetap untuk melakukan isolasi mandiri selama minimal 5 hari dan sampai hasil tes menunjukan negatif.

“Sekali lagi kepentingan adalah untuk bersangkutan saling sadar, karena itu bagian dari transisi pandemi menuju endemi Covid-19,” kata Budi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianus Doni Tolok
Terkini