Zurich Insurance Hengkang dari Rusia dan Jual Bisnisnya

Bisnis.com,22 Mei 2022, 14:26 WIB
Penulis: Denis Riantiza Meilanova
Logo Zurich.

Bisnis.com, JAKARTA — Zurich Insurance Group AG memutuskan untuk hengkang dari Rusia dan setuju untuk menjual bisnisnya di negara itu kepada 11 anggota tim lokal.

Dilansir dari Bloomberg, Minggu (22/5/2022), perusahaan asuransi asal Swiss tersebut menyatakan bahwa bisnisnya di Rusia akan beroperasi secara independen di bawah merek yang berbeda.

Sementara itu, berdasarkan pernyataan resminya, Zurich tidak akan lagi melakukan operasi bisnis di Rusia.

Zurich menambahkan, rencana penjualan bisnisnya di Rusia tersebut harus mendapat persetujuan dari otoritas berwenang terkait.

Sebelumnya, Zurich menyatakan paparan langsung perang Rusia dan Ukraina terhadap bisnis asuransi properti dan kecelakaannya, serta portofolio investasinya diperkirakan tidak material.

Adapun, Zurich Rusia menguasai sekitar 0,3 persen dari pasar asuransi nonjiwa di Rusia. Bisnis utamanya telah mendukung kegiatan pelanggan internasional Zurich Rusia. Tahun lalu, Zurich Rusia mencatatkan premi bruto sekitar US$ 34 juta, termasuk US$3 juta dari pelanggan domestik.

Selain Zurich, pada bulan lalu, Societe Generale SA, bank asal Prancis, juga setuju untuk menjual seluruh sahamnya di Rosbank dan anak perusahaan asuransinya di Rusia ke Interros Capital milik Vladimir Potanin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Muhammad Khadafi
Terkini