Siap Berangkat, 100 Persen Calhaj Asal Kabupaten Cirebon Sudah Divaksin Lengkap

Bisnis.com,31 Mei 2022, 19:52 WIB
Penulis: Hakim Baihaqi
Umat Muslim mengelilingi Kabah di Mekah, Arab Saudi./Bloomberg

Bisnis.com, CIREBON - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon menyatakan 100 persen jemaah haji dari Kabupaten Cirebon sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon Neneng Hasanah mengatakan calon jemaah haji tahun ini sebanyak 1.092 orang. Pemberian vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu syarat untuk melakukan perjalanan haji.

"Selain vaksinasi Covid-19, calon jemaah haji pun mendapatkan vaksin meningitis," kata Neneng di Kabupaten Cirebon, Selasa (31/5/2022).

Selain vaksinasi Covid-19, Dinkes Kabupaten Cirebon pun menyediakan layanan pemeriksaan tes PCR secara gratis.

Neneng mengatakan, pemeriksaan pun dilakukan sebanyak dua kali. Pertama, pada H-10 dan H-3 sebelum waktu pemberangkatan. "Harus diperiksa dua kali, sehingga  masih ada waktu untuk isolasi mandiri kalau memang positif Covid-19," kata Neneng.

Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Cirebon menyatakan Kabupaten Cirebon mendapatkan mendapatkan kuota haji 2022 sebanyak 1.092 orang.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Cirebon Yuto Nasikin menyebutkan, jumlah tersebut mengalami penurunan dibandingkan dengan pelaksanaan ibadah haji 2019.

Menurut Yuto, hal tersebut terjadi akibat adanya pengurangan kuota haji dari Pemerintah di Arab Saudi. "Penurunan sebanyak 46 persen. Tahun 2019 sebelum pandemi Covid-19 2.735 orang," kata Yuto.

Pada pelaksanaan ibadah haji tahun ini sebanyak 60 warga dari Kabupaten Cirebon gagal berangkat. Penyebab hal tersebut karena meninggal dunia atau mengalami sakit.

Yuto mengatakan, untuk pemberangkatan jemaah haji Kabupaten Cirebon diprediksi pada 7 Juni 2022 dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten.

Pihaknya memastikan, seluruh jemaah yang berangkat dari Kabupaten Cirebon sudah memenuhi syarat yang ditetapkan Pemerintah Arab Saudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini