Link Siaran Langsung Peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 dari Ende NTT

Bisnis.com,01 Jun 2022, 06:05 WIB
Penulis: Nancy Junita
Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2022

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengeluarkan surat edaran nomor 4 tahun 2022 tentang pedoman peingatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022.

Surat edaran itu diteken oleh Kepala BPIP Yudian Wahyudi pada 13 Mei 2022 yang ditembuskan kepada Presiden Indonesia dan  Ketu, Anggota Dewan Pengarah BPIP.

Dalam surat edaran itu disebutkan bahwa, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara terpusat di Lapangan Pancasila Ende, Kelurahan Kotaraja, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur disiarkan secara langsung pukul 08.00 WITA sampai selesai melalui saluran di kanal Youtube BPIP, laman Facebook BPIP, Instagram BPIP, dan siaran TV Nasional.

Berikut linknya:

Youtube: https://www.youtube.com/watch?v=E2MNs6dZsK8

Instagram: https://www.instagram.com/bpipri/

Tema peringatan Hari Lahir PancasilaTema peringatan Hari Lahir Pancasila 2022 yaitu "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia”.

Adapun, logo peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 berupa dua telapak tangan yang bersatu memegang globe.

Permukaan bagian atas globe ada simbol Pancasila lengkap dengan simbol-simbol setiap sila, yaitu banteng, pohon beringin, bintang, rantai, padi dan kapas. Lalu, di sisi kiri dan kanan terdapat bendera merah putih yang berkibar.

Warna dua telapak tangan pada logo peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022 berwarna merah putih. Hal ini senada dengan temanya berbunyi "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Bangsa."

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni dan ditetapkan sebagai hari libur nasional pada  tahun oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Penetapan tersebut juga tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila yang menetapkan tanggal 1 Juni 1945 merupakan Hari Lahir Pancasila.

“Menetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Tanggal 1 Juni merupakan hari libur nasional,”  bunyi Keppres tersebut dilansir dari laman setkab.go.id pada Rabu (1/6/2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini