Makin Mengkhawatirkan, Ini Penyebab Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan Ternak

Bisnis.com,06 Jun 2022, 17:37 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Ilustrasi - Peternak menggembalakan sapi di Desa Ngeluk, Penawangan, Grobogan, Jawa Tengah, Selasa (6/2)./ANTARA-Aji Styawan

Bisnis.com, SOLO - Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terjadi pada ratusan hewan ternak sapi di berbagai daerah di Indonesia.

Penyakit ini cukup membuat resah peternak karena dampaknya yang mematikan bagi hewan dewasa. Selain sapi, PMK juga menyerang kerbau, domba, kambing, hingga babi.

Melansir dari situs resmi undip.ac.id, PMK adalah penyakit infeksi virus (family Picornaviridae) yang bersifat akut dan menular pada hewan berkuku genap/belah (cloven-hoofed). Nama lain penyakit ini antara lain aphthae epizootica (AE), foot and mouth disease (FMD).

Virus PMK berukuran kecil, tidak ber-amplop/tanpa lapisan lemak dan memiliki capsid yang kuat sehingga virus ini sangat tahan terhadap desinfektan yang cara kerjanya melarutkan lemak. Berdasarkan sifat dan struktur virus tersebut tidak semua jenis desinfektan peka terhadap virus ini.

Meskipun tak berbahaya bagi manusia, namun penularan PMK sangat mengkhawatirkan karena dapat terjadi dengan cepat.

PMK yang menyerang hewan ternak ditandai dengan demam dan luka melepuh pada bagian mulut dan kuku hewan. Gejala lain yang muncul saat hewan terserang PMK yakni:

Menurut Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, berikut ini penyebab terjadinya penularan PMK pada hewan ternak:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini