BRI dan Tokopedia Luncurkan Kartu Kredit 'Tokopedia Card'

Bisnis.com,06 Jun 2022, 08:00 WIB
Penulis: Media Digital
Foto. dok: Tokopedia

Bisnis.com, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus berinovasi menghadirkan produk dan layanan keuangan digital dengan meluncurkan Tokopedia Card. Bekerja sama dengan perusahaan teknologi dengan marketplace terdepan di Indonesia, yakni Tokopedia (bagian dari Grup GoTo), kartu kredit terbaru ini hadir untuk melengkapi kebutuhan alat pembayaran bagi pengguna marketplace di seluruh Indonesia.

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani mengungkapkan, kolaborasi ini dapat terjalin atas kesamaan nilai yang diusung oleh BRI dan Tokopedia. “Kerja sama ini menjadi bentuk dukungan berkelanjutan BRI terhadap misi pemerintah dalam meningkatkan inklusi keuangan, salah satunya dengan meningkatkan transaksi nontunai,” ungkapnya.

Hal ini menjadi bukti bahwa lembaga perbankan dapat berkolaborasi dengan marketplace untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan dengan teknologi digital.

Foto. dok: Tokopedia

Dengan adanya Tokopedia Card, diharapkan dapat memberikan kemudahan kepada pengguna Tokopedia, tidak hanya dalam berbelanja, namun juga dalam mengajukan aplikasi kartu kredit dan memantau penggunaan kartu kredit tersebut.

Desain kartu Tokopedia Card juga sangat unik. Dengan memindai atau scan QR yang ada di muka kartu, pengguna bisa langsung menemukan berbagai promo menarik, mengecek dan mengatur transaksi kartu melalui aplikasi Tokopedia. Inovasi ini membuat pengalaman pengguna menjadi lebih #PraktisAbis.

Selain pelayanan yang lebih mudah, pengguna Tokopedia juga dapat bertransaksi dengan kartu kredit di dalam maupun luar negeri di seluruh jaringan Visa baik secara online maupun transaksi offline di lebih dari 70 juta lokasi merchants di seluruh dunia.

SVP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari mengatakan, “Kolaborasi Tokopedia dengan BRI melalui Tokopedia Card adalah upaya kami untuk membuat pengalaman masyarakat Indonesia dalam berbelanja menjadi semakin praktis. Hanya memerlukan KTP, pengguna bisa mengajukan Tokopedia Card secara mudah, cepat dan sepenuhnya secara online. Hal ini dimungkinkan karena proses tersebut memanfaatkan layanan penilaian kredit (credit scoring) Toko Score sehingga pengguna tidak memerlukan dokumen tambahan. Toko Score juga sudah digunakan oleh berbagai lembaga jasa keuangan terpercaya, termasuk BRI.”

“Selain itu, pengguna juga dapat mengakses layanan kartu kredit, seperti aktivasi kartu, mengecek detail transaksi, riwayat tagihan hingga memblokir kartu. Pengguna pun dapat mengubah transaksi menjadi cicilan 0% hingga 12 bulan langsung dari aplikasi Tokopedia. Selain dapat digunakan untuk berbelanja di Tokopedia, Tokopedia Card juga dapat digunakan untuk semua transaksi di merchant offline di dalam dan luar negeri,” kata Vira.

Presiden Direktur PT Visa Worldwide Indonesia, Riko Abdurrahman, mengatakan, “Visa sangat senang dapat turut mendukung peluncuran Tokopedia Card dalam rangka semakin membuka akses serta meningkatkan penggunaan pembayaran digital di Indonesia. Consumer Payment Attitude Study terbaru Visa terhadap 1.000 responden di Indonesia menunjukkan bahwa 7 dari 10 konsumen telah menggunakan app/website untuk berbelanja pertama kali sejak terjadinya pandemi. Data studi tersebut juga menunjukkan adanya peningkatan konsumen menggunakan kartu kredit mereka untuk berbelanja, baik secara online maupun secara tatap muka menggunakan fitur contactless. Hadirnya Tokopedia Card menjadi upaya nyata BRI, Tokopedia, dan Visa untuk bersama-sama mendukung misi pemerintah menuju masyarakat nontunai.”

 

Foto. dok: Tokopedia

Adapun berbagai keuntungan yang dapat dinikmati oleh pemegang Tokopedia Card*:

*syarat dan ketentuan berlaku

Pada bisnis kartu kredit, BRI telah memiliki pengalaman sebagai bank pertama di indonesia yang menerbitkan kartu kredit yang berpartner dengan merchant digital lainnya, dengan menyediakan jaringan yang terhubung secara online sehingga koneksi antar BRI dan Tokopedia dapat terjadi secara realtime dan lebih efisien serta memungkinkan pemegang Tokopedia Card mengakses dan mengelola kartunya melalui aplikasi Tokopedia.

Di sisi lain, Tokopedia yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial, bersama para mitra strategisnya termasuk BRI, tercatat telah menjangkau masyarakat Indonesia di 99% kecamatan di Indonesia dengan lebih dari 500.000 titik pembayaran se-Indonesia.

BRI bersama Tokopedia akan terus melanjutkan kolaborasi dan menghadirkan inovasi lainnya guna menjawab kebutuhan masyarakat, serta mendorong literasi dan inklusi keuangan di Indonesia lewat pemanfaatan teknologi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Media Digital
Terkini