Moeldoko Dorong Sorgum Jadi Solusi Pangan. Sudah Pernah Coba?

Bisnis.com,09 Jun 2022, 16:42 WIB
Penulis: Ni Luh Anggela
Kepala Staf Kepresidenan RI Dr. Moeldoko / Kantor Staf Presiden.

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyampaikan, tanaman pangan sorgum dapat menjadi solusi food security di tengah perubahan iklim dan game changer perang Rusia-Ukraina.

"Tanaman ini memiliki potensi besar untuk dikembangkan secara industri. Sorgum bisa menjadi pengganti gandum, penghasil gula, energi biodiesel hingga digunakan sebagai pakan ternak," kata Moeldoko, mengutip siaran pers, Kamis (9/6/2022).

Namun, selama ini sorgum masih dikelola secara tradisional dan digunakan untuk kebutuhan pangan rumahan saja. Sehingga para petani enggan untuk menanam dan mengembangkan sorgum.

Padahal, menurut dia, sorgum memiliki edit value yang besar jika dikelola dengan benar. Karena itu, mindset pengelolaan sorgum tradisional perlu diubah ke mindset daya saing.

"Saat ini harus dipikirkan bagaimana membangun industri sorgum agar petani semangat untuk menanam. Petani sorgum harus bertani untuk kehidupan. Ini kuncinya," ujarnya.

Pada Kamis (2/6/2022) lalu, Presiden Joko Widodo hadir dalam panen sorgum di Waingapu, Sumba Timur, NTT. Kehadiran Jokowi, kata Moeldoko telah menyadarkan semua pihak betapa pentingnya sorgum sebagai alternatif bahan pangan yang perlu dikembangkan dan diangkat menjadi makanan gaya hidup sehat.

Jokowi juga mencanangkan sorgum sebagai alternatif pangan bagi masyarakat. Menurut Jokowi, diversifikasi dan alternatif pangan diperlukan guna menghadapi ancaman krisis pangan dunia di masa sekarang dan akan datang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Kahfi
Terkini