Gara-Gara Ini, Waktu Tempuh Jakarta-Sukabumi 2 Jam Lebih Cepat

Bisnis.com,09 Jun 2022, 02:08 WIB
Penulis: Muhammad Ridwan
Jalan tol Bogor–Ciawi–Sukabumi (Bocimi) di Jawa Barat./Jasa Marga

Bisnis.com, JAKARTA - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menargetkan proyek Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 dapat rampung pada akhir tahun ini.

Dikutip dari media sosial resmi BPJT pada Rabu (8/6/2022), Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 yakni ruas Cigombong - Cibadak sepanjang 11,90 kilometer telah mencapai progres konstruksi 79,5 persen.

Sementara itu, kedua Seksi lainnya adalah Seksi III ruas Cibadak - Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dengan progres pembebasan lahan 42,07 persen, dan Seksi IV ruas Sukabumi Barat - Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km dengan progres pembebasan lahan 9,59 persen.

Setelah konstruksi Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 rampung, maka diharapkan dapat memangkas waktu tempuh berkendara dari Jakarta ke Sukabumi dan sebaliknya hingga 2 jam dari sebelumnya.

Secara kesuruhan Jalan Tol Ciawi - Sukabumi dikelola oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Trans Jabar Tol terdiri atas 4 seksi, yaitu Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 km sudah beroperasi sejak Desember 2018.

Kemudian Seksi 2 Cigombong-Cibadak sepanjang 11,90 km, Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 km dan Seksi 4 Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 km.

Jalan Tol tersebuit nantinya akan terkoneksi dari Jakarta menuju Kota/Kabupaten Sukabumi dengan terhubung Jalan Tol Jagorawi di sebelah utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini