Jokowi dan Megawati Dijadwalkan Hadir di Rakernas PDIP

Bisnis.com,20 Jun 2022, 11:46 WIB
Penulis: Afiffah Rahmah Nurdifa
Presiden Joko Widodo (kiri) melakukan jamuan makan siang dengan ketua umum parpol diantaranya Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri (tengah) dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar di presidensial lounge di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/6/2022). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dijadwalkan hadir dan memberi sambutan di acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP.

Rakernas PDIP rencananya akan berlangsung besok, Selasa (21/6/2022) di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta Selatan.

"Acara Rakernas ini akan dibuka oleh Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri. Presiden Joko Widodo dijadwalkan memberi sambutan di Rakernas," kata Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto dalam keterangan resminya, Senin (20/6/2022).

Rakernas kedua tahun 2021 ini digelar berdasarkan amanat Kongres V Partai pada 8-11 Agustus 2019 lalu. Juga, instruksi Ketua Umum Partai.

Amanat tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada Selasa, 21 Juni 2022 hingga Kamis, 23 Juni 2022 mendatang. Tema yang diusung dalam gelaran PDIP ini yaitu 'Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat'.

Hasto menerangkan tema tersebut berangkat dari pernyataan Megawati yang menjunjung tinggi pentingnya pembangunan negara mulai dari desa untuk kemajuan Indonesia.

"Desa adalah taman sari kearifan lokal nusantara. Itulah sumber kebudayaan dan kepribadian bangsa. Membangun Indonesia harus dimulai dari desa dengan program pembangunan di segala bidang kehidupan, berbasis pada hasil riset nasional. Sehingga ke depan harus ada optimalisasi peran peneliti dan perekayasa di kampus-kampus yang mengolah sumber daya di desa," paparnya.

Dari pemikiran tersebut, PDIP menilai desa sebagai ujung tombak pemerintahan sehingga harus diperjuangkan untuk memperbaiki kesejahteraan rayat melalui keputusan politik yang jelas.

Di samping itu, Rakernas nantinya akan membahas program pemenangan pada Pemilu 2024 mendatang, baik itu dalam legislatif maupun Pilpres.

"Rakernas Partai dilakukan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan konsolidasi Partai, mendengarkan laporan dari badan-badan partai dan alat kelengkapan Partai, serta untuk menyusun program pemenangan Pemilu legislatif dan pemilu Presiden pada tahun 2024,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini