Kader Banyak Dukung Anies, PKS: Belum Ada Keputusan Akhir

Bisnis.com,20 Jun 2022, 21:35 WIB
Penulis: Szalma Fatimarahma
Lambang Paru Partai Keadilan Sejahtera (PKS)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA — Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi salah satu kandidat calon presiden dengan elektabilitas selangit.

Anies juga telah menjadi sosok paling yang banyak memperoleh dukungan dari kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kendati demikian, Wakil Ketua Majelis Syura Mohamad Sohibul Iman memastikan bahwa pihaknya belum mengambil keputusan akhir terkait bakal calon presiden (capres) yang akan diusung PKS dalam Pilpres 2024 mendatang.

Adapun Sohibul menjelaskan bahwa dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) yang tengah diselenggarakan oleh PKS, pihaknya masih belum mengagendakan penetapan bakal capres yang akan diusung oleh PKS. 

“Dalam forum ini belum ada, tapi nanti akan ada sesi di mana panitia akan meminta usulan kepada DPW dan DPD untuk menyampaikan nama bakal capres pilihan masing-masing daerah,” ujar Sohibul kepada wartawan di Grand Sahid Jakarta, Senin (20/6/2022).

Lebih lanjut, Mantan Presiden PKS itu juga memastikan bahwa nama-nama kandidat tersebut merupakan tokoh yang mampu memberikan coattail effect kepada PKS.

“Mereka (DPW dan DPD) akan menyebutkan tiga nama pilihan dan baru kita tahu siapa presiden yang akan memberikan total efek kepada PKS,” jelas Sohibul.

Selain itu, kalaupun Anies akan menjadi bakal capres yang diusung PKS pada Pilpres 2024, Sohibul menegaskan bahwa pihaknya tidak mempermasalahkan kemungkinan jika Anies akhirnya masih menjadi tokoh politik independen ataupun tidak bernaung di bawah PKS.

“Berdasarkan ketentuan UUD 1945, memang mekanismenya harus dicalonkan lewat partai politik tapi yang bersangkutan tidak diharuskan untuk dijadikan kader dalam partai tersebut,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Edi Suwiknyo
Terkini