Bukan Rp30.000, Ini Harga Pertalite dan Pertamax Hari Ini di SPBU

Bisnis.com,28 Jun 2022, 14:18 WIB
Penulis: Khadijah Shahnaz
Pembeli BBM di SPBU Pertamina menggunakan sistem pembayaran nontunai. /Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA – Harga bahan bakar minyak (BBM) Pertalite dan Pertamax hari ini, Selasa (28/6/2022) belum ada perubahan di tengah tingginya tekanan subsidi energi yang digelontorkan pemerintah.

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif membeberkan harga keekonomian Pertalite dan Pertamax seharusnya rata-rata di atas Rp30.000 sejalan dengan kenaikan harga minyak dunia.

Berdasarkan pantauan Bisnis, Harga BBM Pertamax di seluruh Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) berbeda-beda tergantung pada wilayahnya, tetapi masih di kisaran Rp12.500 hingga Rp13.000.

Sebaliknya, untuk harga Pertalite di seluruh SPBU di Indonesia harganya sama yakni Rp 7.650/liter. karena pemerintah masih mengucurkan subsidi pada Pertalite. 

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat blak-blakan mengatakan manuver pemerintah untuk menahan harga BBM relatif berat dilakukan di tengah harga minyak mentah dunia yang masih tertahan tinggi hingga pertengahan tahun ini.

Jokowi mengatakan harga BBM domestik seperti Pertalite dan Pertamax yang masing-masing sebesar Rp7.650 dan Rp12.500 jauh lebih murah ketimbang negara lain. Misalkan, dia mencontohkan, harga BBM di Singapura sudah mencapai Rp32.000, Jerman di angka Rp31.000, dan Thailand sebesar Rp20.000.

Berikut harga Pertamax di seluruh provinsi Indonesia:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini