Hasil Final Malaysia Open 2022: Fajar/Rian Harus Puas Jadi Runner Up

Bisnis.com,03 Jul 2022, 18:28 WIB
Penulis: Akbar Evandio
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto belum berhasil meraih gelar di final pertama turnamen level BWF World Tour Super 750, tepatnya di ajang bulutangkis Malaysia Open 2022/PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Pasangan ganda putra bulu tangkis Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto gagal menyabet gelar juara di final pertama turnamen level BWF World Tour Super 750, yakni Malaysia Open 2022.

Fajar/Rian harus mengakui keunggulan wakil dari Jepang Takur Hoki/Yugo Kobayashi melalui drama tiga babak 22-24, 21-16, 9-21 dalam laga semi final yang dihelat di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Minggu (3/7/2022) sore.

Untuk gim pertama, pertandingan antara Fajar/Rian dan Hoki/Kobayashi berlangsung sengit sejak gim pertama dimulai. Namun, ganda putra Jepang tersebut sempat memimpin hingga meraih 11 poin terlebih dahulu. Setelah interval gim pertama, Fajar/Rian mampu menyamakan perolehan poin menjadi 11 sama.

Pertandingan pun kembali sengit, Fajar/Rian yang sempat tertinggal beberapa poin mampu kembali menyamakan perolehan poin menjadi 19 sama.Bahkan, keduanya mampu meraih poin 20 sehingga mereka mencapai game point terlebih dahulu.

Namun, Hoki/Kobayashi kembali menyamakan perolehan poin hingga terjadi deuce, 20-20. Smash keras dari Alfian tak mampu dikembalikan Hoki, ganda putra Indonesia pun meraih game point kedua, 21-20.

Adu drive terjadi, Hoki membayar kesalahan dan kembali membuat poin imbang menjadi 21-21. Bahkan, ganda putra Jepang berbalik unggul dan meraih kemenangan di gim pertama hingga akhirnya Fajar/Alfian harus menyerah 24-22.

Untuk gim kedua, Hoki/Kobayashi berhasil memimpin di masa awal gim, tetapi Fajar/Rian mampu menyamakan perolehan poin menjadi 4-4. Penempatan bola yang apik dari Rian tak dapat dijangkau pasangan ganda putra Jepang dan poin berubah menjadi 9-6.

Permainan bagus dari Fajar/Rian juga membuat Hoki/Kobayashi banyak melakukan kesalahan. Ganda putra Indonesia itu pun kembali membuat jarak dengan perolehan poin 18-14. Rian adrianto berhasil menyudahi permainan gim kedua melalui smash kerasnya sehingga kedudukan menjadi 21-16.

Gim ketiga dibuka dengan smash Fajar yang membuka poin pertama untuk Indonesia, tetapi perolehan poin dikejar melalui adu drive yang terjadi di lapangan sehingga kedudukan berbalik menjadi 2-1. Namun, Fajar berhasil memanfaatkan pengembalian tanggung dari Hoki sehingga kedudukan menjadi 2-2.

Namun, Fajar/Rian terlihat tidak nyaman saat kedudukan berda di poin berada di 7-12 dengan serangan dari Hoki/Kobayashi yang kian ganas. Bahkan, Fajar/Rian justru melakukan kesalahan hingga perolehan poin menjadi 18-8.

Hoki/Kobayashi pun kian memperlebar jarak dan memimpin dengan perolahan poin 19-8. Sempat membuat jeda, Fajar/Rian harus mengakui keunggulan ganda putra Jepang dengan skor akhir 21-9.

Sebelumnya, pada laga semifinal, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil menang straight gim melawan Goh Sze Fei/Nur Izzuddin dengan skor 21-14 dan 21-12, sedangkan Takuro Hoki/Yugo Kobayashi menang dua gim melawan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dengan skor 23-21 dan 21-9.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Aprianus Doni Tolok
Terkini