166 Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran

Bisnis.com,15 Jul 2022, 11:48 WIB
Penulis: Szalma Fatimarahma
Sebuah kalimat penyemangat tertulis di hazmat salah satu tenaga kesehatan di Rumah Sakit Darurat (RSD) Covid-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (26/1/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di RSDC Wisma Atlet Kemayoran berkurang 4 orang pada hari ini, Jumat (15/7/2022). Dengan demikian, jumlah pasien yang dirawat sebanyak 166 orang.

Bed occupation rate (BOR) atau persentase pemakaian tempat tidur di RSDC Wisma Atlet Kemayoran 4,37 persen dari total tempat tidur yang disediakan yaitu sebanyak 3.801.

Adapun total kapasitas tempat tidur yang dimiliki oleh RSDC Wisma Atlet Kemayoran sendiri terbagi menjadi 3.801 bed rawat umum, 13 IMCU, 83 HCU/IC, dan 30 IGD.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Bisnis, pada hari ini, Jumat (15/7/2022), RSDC Wisma Atlet Kemayoran juga turut  mencatat sebanyak 18 pasien yang telah dikonfirmasi sembuh dari Covid-19 dan akan dipulangkan ke tempat tinggalnya masing-masing.

Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Mintoro Sumego menuturkan bahwa perawatan yang ada di RSDC Wisma Atlet Kemayoran  dilakukan 265 tenaga kesehatan yang terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, ahli farmakologi, serta sejumlah petugas kesehatan lainnya.

Tidak hanya itu, program pelayanan masyarakat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran juga turut dilengkapi dengan 72 tenaga non kesehatan, sehingga total relawan yang bekerja di area perawatan tersebut mencapai 338 orang.

Selain merawat pasien Covid-19, seluruh relawan yang bertugas di RSDC Wisma Atlet Kemayoran juga memiliki tugas lainnya yakni menjadi seorang vaksinator pada kegiatan serbuan vaksin.

Dengan melonjaknya angka kasus harian Covid-19 selama sepekan terakhir, Mintoro memastikan bahwa RSDC Wisma Atlet Kemayoran telah dilengkapi dengan alat dan material kesehatan yang memadai, untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi penambahan jumlah pasien secara signifikan.

RSDC Wisma Atlet Kemayoran memiliki sebanyak 51 ventilator dan persediaan oksigen yang sangat baik, baik oksigen cair maupun oksigen portable.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini