RPX Segera Luncurkan Superapp Terpadu, Diklaim Bisa Layani Berbagai Kebutuhan Logistik

Bisnis.com
Oleh:
rpx.co.id Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA- Perusahaan penyedia jasa pengiriman RPX Group akan meluncurkan aplikasi logistik terpadu (one stop logistics) bernama RPX Kiriman Express. Aplikasi all-in-one tersebut akan diluncurkan secara resmi pada Desember 2022, dan bisa digunakan secara massal pada 2023.

Melalui superapp tersebut, pengguna jasa bisa menggunakan layanan lokapasar, warehouse (pergudangan), pengiriman domestik dan internasional, distribusi (trucking), pengapalan (international freight), customs clearance, transit warehouse, serta enabler. Aplikasi tersebut juga akan menjangkau layanan business to business (B2B) serta customer to customer (C2C).

"Kami bukan yang pertama masuk ke C2C. Tapi, kami berusaha membantu yang C2C untuk [layanan logistik] yang tidak dilayani melalui aplikasi. Contoh, kebutuhan trucking, freight, atau [pengiriman] express yang masing-masing membutuhkan aplikasi berbeda-beda," terang CEO RPX Group Taufick D. Mochtar pada acara soft launching RPX Kiriman Express, Selasa (19/7/2022).

Untuk segmen B2B, RPX melalui superapp anyar tersebut akan mengombinasikan jasa pengiriman B2B dan retail. Perusahaan pemegang lisensi Federal Express Corporation (FedEx) selama lebih dari 30 tahun itu sebelumnya sudah lama menyediakan layanan pengiriman untuk B2B.


Superapp milik RPX ini juga memungkinkan pengambilan barang (pick up) langsung dari pelanggan dalam pengiriman tunggal. Biasanya, pengiriman tunggal dari satu pelanggan dilakukan dengan pelanggan menaruh barang (drop off) di counter atau outlet perusahaan pengiriman.

"Jadi kelebihannya untuk customer satuan pun kita adakan pick-up. Itu yang mungkin agak berbeda," terang Taufick.

Peluncuran aplikasi RPX Kiriman Express juga diharapkan bisa membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) utamanya untuk kegiatan ekspor. Contohnya melalui layanan customs clearance yang banyak belum dipahami oleh para pegiat UKM.


Selain layanan all-in-one, aplikasi yang diharapkan bisa mulai beroperasi secara massal pada 2023 ini memiliki fitur real-time tracking untuk barang yang sedang dalam pengiriman.

Saat ini, aplikasi sudah bisa melayani jasa pengiriman express. Aplikasi tersebut bisa diunduh melalui Play Store Android, dan pembayaran bisa dilakukan melalui transfer ke virtual account, OVO, LinkAja, DANA, Shopeepay, dan lain-lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini : rpx group, rpx logistik, logistik, biaya logistik, pusat logistik berikat, industri logistik, Ekosistem Logistik Nasional

 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor: Kahfi