Konten Premium

CPO Tertekan Penundaan Program B35 & B40, Intip Prospeknya Di Sisa Tahun

Bisnis.com,20 Jul 2022, 18:30 WIB
Penulis: Annisa K. Saumi, Nyoman Ary W. & Reni Lestari
Panen buah kelapa sawit di perkebunan kelapa sawit Cikasungka yang dioperasikan oleh PT Perkebunan Nusantara VIII, di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin, (20/6/2022). Indonesia telah memangkas pungutan ekspor minyak sawit mentah untuk mempercepat pengiriman setelah mencabut larangan ekspor sementara. Bloomberg - Dimas Ardian

Bisnis.com, JAKARTA – Penundaan program B35 dan B40 menjadi tekanan baru bagi harga CPO yang terus melandai. Pasokan yang tinggi di dalam negeri membayangi prospek harga CPO sampai akhir tahun.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan menunda penerapan program bauran biodiesel dan bahan bakar (BBM) jenis solar sebanyak 35 persen dan 40 persen (B35 dan B40) yang sedianya akan dilakukan secara paralel pada akhir bulan ini.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Dadan Kusdiana mengatakan pihaknya masih perlu untuk berdiskusi intensif dengan Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mengenai program tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Reni Lestari
Terkini