KAI Gelar Vaksinasi di Stasiun Manggarai, Ada 200 Dosis Setiap Hari

Bisnis.com,22 Jul 2022, 14:02 WIB
Penulis: Dany Saputra
Warga menunggu kereta di Stasiun Manggarai, Jakarta, Selasa (25/2/2020). Bisnis/Himawan L Nugraha

Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menggelar program vaksinasi di Stasiun Manggarai, Jakarta, mulai 11 Juli 2022. Setiap hari disediakan sebanyak 200 dosis vaksin dengan jenis vaksin Sinovac, Astrazaneca, Pfizer, dan Moderna.

Adapun, program vaksin gratis merupakan kerja sama antara KAI Commuter dengan KAI Daop 1 Jakarta, dan Puskesmas Tebet yang ditujukan untuk pengguna KRL dan masyarakat sekitar Stasiun Manggarai.

Program vaksinasi dilaksanakan di hall pintu masuk sisi Timur Stasiun Manggarai setiap hari kerja mulai pukul 08.00 WIB – 12.00 WIB.

"Bagi pengguna KRL atau masyarakat sekitar stasiun bisa melakukan vaksinasi dosis pertama atau kedua, serta vaksinasi booster di sentra vaksinasi Stasiun Manggarai ini," jelas VP Corporate Secretary Anne Purba melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (22/7/2022).

Peserta yang ingin mengikuti vaksinasi gratis dapat langsung mendaftar di lokasi dengan membawa salinan (fotokopi) KTP. Peserta juga diimbau agar bisa memastikan dirinya dalam kondisi sehat, sudah beristirahat yang cukup, dan sudah makan sebelum melakukan vaksinasi.

Petugas juga akan melakukan screening dan pemeriksaan tekanan darah sebelum vaksinasi.

Untuk diketahui, program vaksinasi di stasiun kereta sejalan dengan kembali diwajibkannya vaksinasi dosis ketiga (booster) per akhir pekan lalu, Minggu (17/7/2022). Aturan tersebut sesuai dengan Surat Edaran (SE) Kemenhub No.72/2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 8 Juli 2022.

Setelah berlakunya SE terbaru, KAI Commuter mewajibkan vaksin Covid-19 sebagai syarat menggunakan KRL atau KA Lokal, dengan syarat selengkapnya sebagai berikut:

  1. Memperlihatkan sertifikat vaksinasi dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat akan masuk area stasiun;
  2. Memperlihatkan sertifikat vaksin minimal dosis pertama jika tidak menggunakan aplikasi PeduliLindungi;
  3. Menggunkan masker dengan benar hingga menutup hidung, mulut dan dagu secara sempurna sesuai dengan aturan, serta selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah naik kereta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Amanda Kusumawardhani
Terkini