Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Gelar Fun Bike, Diharap Jadi Ajang Rutin

Bisnis.com,24 Jul 2022, 17:25 WIB
Penulis: Nanda Fahriza Batubara
Pelepasan peserta fun bike di Museum Aceh, Kota Banda Aceh, Minggu (24/7/2022). / Istimewa

Bisnis.com, MEDAN - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Aceh menggelar kegiatan fun bike di Kota Banda Aceh, Minggu (24/7/2022).

Acara ini mengusung tema Historical Heritage dan diikuti oleh sekitar 600 pesepeda.

Mereka dilepas oleh Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemprov Aceh Teuku Hendra Faisal dari Museum Aceh.

Menurut Hendra, ajang ini merupakan bentuk upaya Pemprov Aceh dalam mempromosikan beragam destinasi wisata sejarah di provinsi tersebut.

"Fun bike ini merupakan event unggulan dalam Khazanah Piasan Nanggroe. Event ini mengedepankan rekreasi, edukasi dan hiburan, di mana para peserta dapat berolahraga sambil menikmati keindahan jalur wisata sejarah Kota Banda Aceh," ujar Hendra melalui keterangan tertulis.

Berangkat dari Museum Aceh, para peserta fun bike kemudian melalui rute yang sudah tentukan. Seperti Museum Tsunami, PLTD Apung, Kawasan Ulee Lheue, Serta Masjid Raya Baiturrahman.

Ajang ini diikuti berbagai kalangan usia. Mulai dari anak muda hingga orang tua yang gemar berolahraga sepeda.

Hendra berharap peserta akan mengunggah foto-foto kegiatan melalui media sosial masing-masing. Dengan begitu, destinasi wisata sejarah di Aceh akan semakin populer di mata publik.

Menurut Hendra, fun bike yang berlangsung memeroleh dukungan penuh dari Dinas Pariwisata Pemko Banda Aceh.

Kegiatan ini juga bagian dari upaya pemerintah daerah menyambut Anugerah Pesona Indonesia (API) Awards yang akan diselenggarakan di kota tersebut pada November 2022 mendatang.

"Kami harap adanya event ini para peserta dapat menambah pengalaman dan pengetahuan tentang destinasi sejarah di Kota Banda Aceh yang menjadi tanggung jawab kita bersama menjaga dan melestarikannya," kata Hendra.

Bagi Dedi, satu di antara peserta, kegiatan ini bukan sekadar ajang olahraga sepeda. Namun juga momentum penyegaran setelah menjalani rutinitas pekerjaan sehari-hari.

Antusias Dedi juga tertuju dengan acara yang semarak oleh berbagi hiburan lainnya. Seperti atraksi seni budaya, musik dan undian doorprize.

"Seru. Melalui fun bike ini, sambil berolahraga kita bisa lebih mengenal dan mencintai destinasi sejarah yang ada di Banda Aceh. Semoga fun bike ini bisa menjadi event tahunan dan bisa diselenggarakan di kabupaten kota lainnya di Aceh," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Ajijah
Terkini