Konten Premium

Ironi Industri Mobil Listrik dan Campur Tangan Pejabat Negara

Bisnis.com,25 Jul 2022, 14:06 WIB
Penulis: Kahfi & Jaffry Prabu Prakoso
Pengunjung melihat mobil listrik yang dipamerkan dalam PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (22/7/2022). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan. Ironi Industri Mobil Listrik dan Campur Tangan Pejabat Negara

Bisnis.com, JAKARTA – Proyek pengembangan kendaraan listrik bukanlah hal baru di Indonesia. Wacana itu terus bergulir sebelum Presiden Joko Widodo memimpin. Para pegiat otomotif bahkan telah berani menawarkan konsep produk lokal, seperti Mobil Listrik Nasional atau Molina hingga Gesits.

Sebelum semarak seperti sekarang, ada beberapa sosok yang lekat dengan upaya pengembangan kendaraan listrik. Paling menonjol adalah Dasep Ahmadi, perancang mobil dan bus listrik buatan dalam negeri.

Sosok Dasep yang jebolan ITB dan pernah berkarir di sebuah produsen otomotif ternama Tanah Air, sejak awal berupaya keras mengembangkan otomotif berbasis listrik buatan dalam negeri. Di bengkel sekaligus kantornya di bilangan Cilodong, Depok, terdapat bus listrik yang beberapa kali sudah diujicobakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini