Wall Street Dibuka Melemah Awal Agustus, Pasar Waswas Kinerja Korporasi dan Ekonomi

Bisnis.com,01 Agt 2022, 20:48 WIB
Penulis: Hafiyyan
Wall Street membuka sesi perdagangan pertama Agustus, Senin (1/8/2022) lebih rendah setelah ketiga indeks utama mencatat bulan terbaik mereka sejak 2020. Bloomberg/Michael Nagle

Bisnis.com, JAKARTA - Wall Street dibuka melemah pada perdagangan perdana Agustus 2022 di tengah banjirnya data laporan keuangan perusahaan.

Mengutip Yahoo Finance, Wall Street membuka sesi perdagangan pertama Agustus, Senin (1/8/2022) lebih rendah setelah ketiga indeks utama mencatat bulan terbaik mereka sejak 2020.

S&P 500 merosot 0,8 persen, sedangkan Dow Jones Industrial Average turun sekitar 180 poin, atau 0,6 persen. Nasdaq Composite yang berbasis teknologi turun 0,9 persen.

Wall Street melemah setelah saham membatasi kenaikan kuat sebulan pada hari Jumat. Pada bulan Juli, indeks acuan S&P 500 menguat 9,1 persen, melawan dari awal terburuk hingga satu tahun sejak 1962. Nasdaq Composite melonjak 12,3 persen salah satu bulan terbaik dalam catatan, dan Dow Jones Industrial Average naik 6,7 persen.

Nicholas Colas dari DataTrek menunjukkan bahwa dalam beberapa pekan terakhir, ekuitas telah mencerminkan perilaku "risk-on" yang khas, dengan saham-saham berkapitalisasi kecil mengungguli saham-saham besar, dan Nasdaq Composite mengalahkan S&P 500.

Rebound terjadi di tengah ekspektasi bahwa tanda-tanda baru-baru ini dari penurunan ekonomi yang melambat dapat mendorong Federal Reserve untuk mengurangi siklus kenaikan suku bunganya di musim gugur.

"Kita belum keluar dari kesulitan. Masih ada risiko di pasar saham.," kata analis di Bank of America dalam sebuah catatan Minggu pagi.

Selama lima resesi terakhir, S&P 500 mencapai titik terendah hanya setelah perkiraan pendapatan untuk indeks direvisi turun – dengan pengecualian tahun 1990 ketika EPS ke depan tetap datar – tetapi pemotongan perkiraan baru dimulai, BofA menunjukkan.

Investor berada dalam minggu sibuk lainnya dari data ekonomi dan pendapatan perusahaan. Laporan pekerjaan Juli Departemen Tenaga Kerja adalah peristiwa utama minggu ini, dengan data yang keluar pada hari Jumat diperkirakan menunjukkan nonfarm payrolls tumbuh sebesar 250.000 pada bulan Juli.

Sementara itu, 150 perusahaan lain di S&P 500 siap untuk melaporkan hasil kuartal kedua. Beberapa pendapatan datang lebih baik dari yang diharapkan, di antara sekitar 56 persen perusahaan yang telah melaporkan hasil sejauh ini untuk Q2, pendapatan hanya 3,1 persen di atas perkiraan, di bawah rata-rata lima tahun sebesar 8,8 persen, menurut data dari FactSet Riset.

Rilis dari perusahaan termasuk Aflac (AFL), Activision Blizzard (ATVI), Pinterest (PINS), dan World Wrestling Entertainment (WWE) tersedia pada hari Senin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hafiyyan
Terkini