Daftar 3 Orang Terkaya di Afrika Barat, Ada Mantan Supir Taksi

Bisnis.com,08 Agt 2022, 11:25 WIB
Penulis: Arlina Laras
Sang Taipan Aliko Dangote dan Istri menjadi orang terkaya asal Afrika/standard.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Majalah ekonomi Forbes menyebut bahwa ada tiga pengusaha terkaya di Nigeria yang masuk dalam dalam daftar 18 orang terkaya di Afrika.

Bahkan, Face2Face Africa pada Senin (8/08/2022), melaporkan ketiga pria tersebut masuk dalam sepuluh besar orang terkaya di seluruh benua.

Adapun, perhitungan terkait kekayaan bersih mereka ini berdasarkan harga saham dan nilai tukar mata uang dari Januari 2022.

Berikut adalah daftar kekayaan dari yang terendah hingga yang tertinggi dari orang terkaya di Afrika Barat:

3. Mike Adenuga

Mike Adenuga adalah seorang pengusaha di Nigeria yang berusia 69 tahun. Sebagai miliarder mandiri, dia memiliki bisnis di industri telekomunikasi dan minyak. Adenuga adalah orang terkaya ketiga di Afrika Barat dan orang terkaya keenam di Afrika dengan kekayaan bersih lebih dari US$6,7 miliar.

Sebelum sesukses sekarang, diketahui dia sempat berprofesi sebagai supir taksi di kota New York, demi mencukupi kebutuhan hidup dan menjalankan kuliah untuk meraih gelar master di bidang administrasi bisnis Pace University New York. Lalu, Adenuga dapat menghasilkan satu juta pertamanya dengan menjual renda dan mendistribusikan minuman ringan.

Berkat kerja kerasnya, kini dia menjadi orang terkaya kedua di Nigeria dengan perusahaan jaringan telepon selulernya Globacom, sebuah operator terbesar ketiga di Nigeria dengan 55 juta pelanggan.

2. Abdulsamad Rabiu

Abdulsamad Rabiu adalah orang terkaya kedua di Afrika Barat. Pria berusia 61 tahun ini masuk ke dalam jajaran pengusaha terkaya kelima di Afrika dengan kekayaan bersih sebesar US$7 miliar per Januari 2022. Sebagai pendiri dari BUA Group yang merupakan sebuah perusahaan konglomerat swasta terbesar, dengan fokus bisnis di pertambangan, produksi semen, penyulingan gula hingga real estate.

Rabiu yang mewarisi tanah dari ayahnya, memulai karirnya pada tahun 1988 dengan mengimpor besi, baja dan bahan kimia. Lalu, pada tahun 2020, Rabiu menggabungkan perusahaan Obu Cement miliknya dengan Cement Company of Northern Nigeria Plc, yang juga dia kendalikan untuk membentuk BUA Cement Plc.

1. Alike Dangote

Terakhir, daftar ini diisi oleh Alike Dangote merupakan pebisnis nomor satu terkaya asal Nigeria, Afrika Barat. Dilansir dari laman Forbes, dia pun masuk ke dalam jajaran orang terkaya ke-130 di dunia ini memiliki memiliki kekayaan bersih senilai US$13 miliar per Agustus 2022.

Selain sebagai pendiri yang memimpin Dangote Cement, produsen semen terbesar di Afrika yang telah beroperasi di 10 negara di benua itu. Dangote pun memiliki bisnis lain melalui perusahaan induk Dangote Group. Dilansir dari laman Dangote, beberapa bisnisnya adalah pemurnian gula, garam dan bumbu, pupuk, pertanian padi, pertanian tomat, kilang minyak, energi, petrokimia, polysack, perumahan, pertambangan, logistik, maritim, otomotif, dan akademi pelatihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini