Perbedaan Bearish dan Bullish di Kripto: Pengertian dan Contohnya

Bisnis.com,10 Agt 2022, 12:45 WIB
Penulis: Rinaldi Mohammad Azka
Ilustrasi aset kripto Bitcoin/Freepik

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam investasi, istilah bullish dan bearish pasti sudah sering didengar. Guna mengenal lebih jauh investasi, pemaknaan bullish dan bearish juga perlu dimengerti.

Namun, apakah sudah paham dengan pengertian serta perbedaan bearish dan bullish di kripto? Simak ulasan lengkap tentang pengertian bullish dan bearish, contoh, dan cara menentukannya dilansir dari Pintu Academy, Rabu (10/8/2022).

Berikut ini pengertian Bullish dan Bearish:

- Pengertian Bullish Market

Bullish market adalah kondisi saat harga-harga aset yang ada di suatu pasar mengalami kenaikan. Pasar akan bullish jika didukung oleh situasi perekonomian yang juga kondusif.

Para investor optimis akan pertumbuhan aset yang positif saat pasar dalam keadaan bullish. Tiap trader dan investor memiliki strategi sendiri-sendiri dalam menghadapi pasar bullish.

Sebagian ada yang membeli lebih banyak aset, menjual aset ketika harga mencapai puncak untuk memperoleh profit, dan lain sebagainya.

Menurut Investopedia, definisi umum yang digunakan untuk menyebut pasar bullish adalah ketika harga aset meningkat di atas 20 persen, setelah aset mengalami penurunan harga sebesar 20 persen, sebelum kemudian disusul dengan penurunan kembali sebesar 20 persen.

- Pengertian Bearish Market

Berlawanan dengan bullish market, bearish market adalah situasi ketika harga aset sedang mengalami penurunan. Ciri-ciri dari tren bearish adalah pesimisme dari para investor terhadap harga pasar yang terus menurun, sehingga jumlah permintaan atau pembelian aset pun semakin rendah.

- Cara Menentukan Bullish dan Bearish

Dalam investasi kripto, cara menentukan bullish dan bearish dapat dilakukan dengan melihat tren yang berkembang saat itu.

Dalam bull market, investor menjadi lebih percaya diri dengan harapan harga kripto akan terus naik dalam kurun waktu tertentu. Namun, perlu diketahui juga memprediksi tren semacam ini juga cukup sulit.

Kunci untuk memprediksi tren bullish dapat dilihat dari penerimaan bitcoin atau aset kripto lain sebagai metode pembayaran dan aset investasi. Semakin bitcoin diterima oleh masyarakat, maka semakin cerah pula masa depan kripto.

Hukum yang berlaku dalam tren ini adalah permintaan dan penawaran. Dalam bullish market, jumlah permintaan tinggi, sehingga pasokan aset semakin berkurang dan harga aset pun meningkat.

Sementara itu, dalam bearish market, jumlah permintaan kecil, hanya sedikit investor yang membeli aset tersebut, sehingga harga aset pun semakin menurun karena pasokan aset yang berlimpah.

- Apa yang Harus Dilakukan Saat Bullish dan Bearish?

Fenomena bearish dan bullish adalah hal yang sangat umum dalam dunia investasi. Tidak perlu panik ketika terjadi bearish market, namun jangan terburu-buru membeli aset juga ketika pasar sedang bullish.

Yuliya Barabash, mitra pengelola dari SBSB Financial Advisors menyarankan beberapa hal ini untuk investor pemula yang kebingungan ketika menghadapi bullish dan bearish market di dunia kripto:

1. Mengambil Keputusan Secara Logis

Jika masih pemula dalam pasar cryptocurrency, maka harus sering-sering melihat tren, melakukan riset key indicator, dan mencari saran dari profesional. Persiapan yang matang adalah cara terbaik untuk menghadapi volatilitas pasar bearish.

2. Berpikir Jernih Sebelum Mengambil Keputusan

Saat kondisi pasar sedang bearish, jangan panik dan buru-buru membuat keputusan. Lakukan analisa terhadap situasi pasar dari sudut pandang teknis. Atau juga bisa meminta pendapat seseorang yang sudah ahli dan mengenal pasar crypto dengan baik.

3. Diversifikasi Portofolio

Diversifikasi aset dan strategi investasi sangatlah penting, termasuk dalam crypto. Ada banyak variasi investasi crypto dengan prospek dan resiko yang berbeda pula.

Pastikan sudah melakukan riset sebanyak mungkin dan hanya berinvestasi pada mata uang crypto yang terpercaya, memiliki reputasi yang bagus dan model bisnis yang jelas.

4. Pantau Harga Secara Berkala

Selalu persiapkan diri untuk menghadapi volatilitas pasar. Bertahan dalam kondisi pasar bearish membutuhkan kewaspadaan dan kesiapan dengan kemungkinkan lompatan harga yang akan terjadi.

Jika bisa tenang dan tidak panik, tetapi tetap siaga menghadapi perubahan harga, maka investor akan bisa bertahan dan bahkan memperoleh keuntungan dalam kondisi pasar ini.

Nah, itu dia perbedaan bearish dan bullish di kripto, mulai dari pengertian, cara menentukan hingga langkah apa yang harus dilakukan ketika kedua kondisi tersebut terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hadijah Alaydrus
Terkini