Kontroversi Salman Rushdie, Fatwa dan Janji Hadiah Ayatollah Ruhollah Khomeini

Bisnis.com,13 Agt 2022, 15:16 WIB
Penulis: Pernita Hestin Untari
Salman Rushdie, penulis buku Ayat-Ayat Setan/BBC

Salman Rushdie merupakan penulis kontroversial. Salah satu karya yang membuat banyak orang mengagumi dan membenci dirinya secara bersamaan yakni Ayat-Ayat Setan atau The Satanic Verse.

Dikutip dari Britannica pada Sabtu (13/8/2022), dia memiliki nama lengkap Sir Ahmed Salman Rushdie, lahir 19 Juni 1947 di Mumbai, India.

Dia merupakan penulis Inggris kelahiran India yang novel-novel alegorisnya meneliti masalah-masalah sejarah dan filosofis melalui karakter-karakter surealis, humor yang merenung, dan gaya prosa efusif dan melodramatis.

Perlakuannya terhadap subjek agama dan politik yang sensitif membuatnya menjadi sosok yang kontroversial dalam dunia sastra.

Rushdie merupakan putra seorang pengusaha muslim yang makmur di India. Dia didik di Rugby School dan University of Cambridge, tempat dia menerima gelar M.A. sejarah pada 1968. Sepanjang tahun1970-an dia bekerja di London sebagai penulis atau copywriter periklanan.

Novel pertamanya yang diterbitkan, Grimus, muncul pada 1975. Novel Rushdie berikutnya, Midnight's Children (1981), sebuah dongeng tentang India modern, menjadi sukses dan populer yang tak terduga yang membuatnya mendapatkan pengakuan internasional.

Novel Shame (1983), berdasarkan politik kontemporer di Pakistan, juga populer. Namun, novel keempat Rushdie yang berjudul Ayat-Ayat Setan atau The Satanic Verses, mendapat sambutan yang berbeda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  1. 1
  2. 2
  3. 3
Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Nancy Junita
Terkini