Ini Lho Positifnya Memelihara Kucing

Bisnis.com,18 Agt 2022, 22:28 WIB
Penulis: Widya Islamiati
Ilustrasi kucing/istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Kucing, hewan berbulu yang tingkah gemasnya bisa membuat orang geregetan.

Banyak orang yang belum mengetahui, 8 Agustus lalu diperingati sebagai hari kucing internasional. Wah, peliharaan manja ini bahkan punyai hari internasionalnya ya!

Di Indonesia tidak asing lagi jika satu rumah memelihara dua hingga lima kucing sekaligus. Hal ini dikarenakan kucing merupakan hewan peliharaan paling umum di Indonesia. Bahkan warganet Indonesia menyebut-nyebut kucing peliharaan sebagai ‘majikan’ dan orang yang memeliharanya justru disebut ‘babu’, saking istimewanya kucing bagi sebagian orang.

Namun, pernahkah bertanya sebenarnya apa manfaat yang didapat oleh manusia dari memelihara hewan berkaki empat ini.

Lalu apa saja manfaat memelihara kucing? Berikut manfaat memelihara kucing berdasarkan healthline!

1. Kucing baik untuk kesehatan psikologis

Sebuah penelitian di Australia menunjukkan, pemilik kucing merasa lebih bahagia, percaya diri, memiliki kualitas tidur yang baik, fokus dan bisa menghadapi masalah dengan baik ketika memelihara kucing. Penelitian ini kemudian menyimpulkan pemiliki kucing punyai kualitas kesehatan psikologis lebih baik dibanding yang tidak memelihara kucing.

2. Anak-anak lebih energik dan segar bugar saat pelihara kucing

Pada survei yang dilakukan di Skotlandia yang melibatkan anak usia 11 hingga 15 tahun sebnayak 2.200 anak, menunjukkan bahwa anak-anak punyai ikatan yang erat dengan kucing. Selain memiliki kualitas hidup yang baik, semakin erat ikatan anak dan kucingnya, semakin energik dan bugar pula anaknya. Mereka juga jadi jarang merasa kesepian di waktu senggang sela-sela belajar.

3. Membantu muda-mudi tuna asmara agar tidak miliki suasana hati yang buruk

Kucing bisa membuat pemiliknya memiliki suasana hati yang baik. Dalam sebuah penelitian disebutkan bahwa pemilik kucing mengalami emosi negatif yang lebih sedikit dan tidak merasa kesepian dari pada saat tidak memelihara kucing. Bahkan fakta menunjukkan, para lajang memiliki suasana hati buruk lebih sedikit daripada saat sedang berada dalam hubungan dengan pasangannya di masa lalu.

4. Kucing juga punyai manfaat untuk kesehatan

Pada suatu penelitian yang dilakukan pada 4.435 orang selama 13 tahun menunjukkan bahwa orang yang memelihara kucing memiliki kemungkinan yang relatif kecil meninggal karena serangan jantung, dibanding dengan orang yang tidak memiliki kucing.

Hal ini memperhitungkan berbagai faktor risiko seperti tekanan darah, kolesterol, rokok, serta berat badan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini