Intip Kelebihan dan Kekurangan ShopeePayLater

Bisnis.com,22 Agt 2022, 14:08 WIB
Penulis: Alifian Asmaaysi
Salah satu kantor milik e-commerce Shopee/India Times

Bisnis.com, JAKARTA – Di era digitalisasi seperti saat ini, penawaran kemudahan bertransaksi saat berbelanja sangat mudah ditemukan. Salah satu contohnya adalah keberadaan ShopeePayLater. Namun, apakah kelebihan dan kekurangannya?

ShopeePayLater adalah salah satu metode pembayaran yang bisa digunakan saat Anda hendak bertransaksi online di platform Shopee. 

Seperti namanya, metode pembayaran ini memudahkan pembeli untuk dapat melakukan transaksi dengan sistem pembayaran non muka.

ShopeePayLater juga hadir dalam pilihan pembayaran yang cukup bervariasi, diantaranya:

- Beli Sekarang, Bayar Nanti (pembayaran di bulan berikutnya)

- Cicilan 3X

- Cicilan 6X; dan

- Cicilan 12X


Selain itu, terdapat beberapa kemudahan lain yang ditawarkan, berikut kelebihan dan kekurangan gunakan ShopeePayLater.

Kelebihan Gunakan ShopeePayLater

1. Miliki Fitur Cicilan Hingga 12X

Fitur Cicil hingga 12 kali dirasa menjadi daya tarik utama metode pembayaran ShopeePayLater. Pasalnya, jika kita menengok beberapa waktu belakangan, fasilitas kredit online hanya dapat dinikmati oleh para pengguna kartu kredit saja.

2. Suku Bunga Relatif Ringan

ShopeePayLater mematok suku bunga sebesar 2,95 persen. Para pengguna nantinya akan dibebankan bunga sebesar 2,95 persen dari tagihan total pembayaran.

Sebagai contoh, Apabila Anda melakukan transaksi pembelian sebesar Rp50.000 melalui pilihan tenor “Beli Sekarang, Bayar Nanti”, maka bunga yang harus dibayarkan hanya Rp1.450.

3. Biaya Penanganan Sangat Rendah 

Selain membayarkan suku bunga, setiap transaksi pembelian kredit di Shopee akan dikenakan biaya penangan. Tiap transaksi menggunakan metode pembayaran ShopeePayLater akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1 persen. 

Sebagai contoh kembali, apabila Anda melakukan transaksi pembelian sebesar Rp50.000, maka biaya penanganan yang harus dibayarkan adalah Rp500.

4. Dapat Memilih Tanggal Jatuh Tempo

Saat hendak mengajukan kredit, biasanya pihak bank akan secara sepihak menentukan sistem jatuh tempo. Namun, berbeda halnya dengan ShopeePayLater, mereka akan memberikan pilihan bagi para penggunannya untuk menentukan tanggal jatuh tempo. 

Setelah melakukan aktivasi diawal, para pengguna dapat memilih 2 pilihan tanggal jatuh tempo, yakni pada tanggal 5 atau tanggal 11 setiap bulannya.

Kekurangan ShopeePayLater

1. Miliki Biaya Keterlambatan yang Tinggi

Jika sebelumnya persentase antara bunga dan biaya penanganan yang cenderung ringan, hal serupa tidak ditemukan dalam biaya denda keterlambatan. Persentase biaya denda keterlambatan tembus hingga 5 persen. 

Sehingga, apabila Anda melakukan transaksi sebesar Rp. 300.000 dan telat melakukan pembayaran, Anda akan dibebankan denda sebesar  Rp15.000.

2. Hanya Dapat Digunakan di Shopee

Persis seperti namanya, penggunaan ShopeePayLater hanya dapat digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran di Shopee saja dan tak dapat digunakan di aplikasi lain. Sehingga meski secara fungsi tak kalah dengan kartu kredit, keleluasaan penggunaanya tak sebesar kartu kredit.

3. Risiko Kebiasaan Hidup Boros

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, dapat menimbulkan perasaan ketagihan bagi para penggunannya. jika tidak digunakan secara bijak kehadiran ShopeePayLater justru dapat berubah menjadi boomerang.  Sehingga penting bagi para pengguna untuk tetap memperhatikan skala prioritas dari sebuah barang sebelum membelinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Novita Sari Simamora
Terkini