Jadwal Lengkap ANBK 2022 SD-SMA, Mulai Digelar Akhir Agustus

Bisnis.com,24 Agt 2022, 13:32 WIB
Penulis: Restu Wahyuning Asih
Sejumlah siswa mengerjakan soal pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Atas Kejuruan (SMK) di ruang komputer Gedung SMK Negeri 7 Palembang, Sumatra Selatan, Senin (25/3/2019)./ANTARA-Feny Selly

Bisnis.com, SOLO - Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) akan segera dilaksanakan pada akhir Agustus 2022.

ANBK terdekat yang akan dilaksanakan yakni mulai 29 Agustus hingga November 2022.

Seperti diketahui, ANBK merupakan program evaluasi yang diprakarsai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) guna meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

ANBK hadir menggantikan Ujian Nasional dengan melakukan berbagai penyempurnaan. Diantaranya, ditambahkan pula aspek kognitif, non-kognitif serta penggunaan teknologi dalam satuan instrumen ukurnya.

Sehingga, pada dasarnya Asesmen Nasional Berbasis Komputer digunakan untuk menyiduk informasi mengenai mutu sebuah satuan pendidikan. Yang mana, Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Namun dalam pelaksanaannya, hasil ANBK tak dipakai untuk menentukan kelulusan seperti halnya Ujian Nasional.

Jadwal ANBK 2022 SD/MI/SDLB/Paket A

Jadwal ANBK 2022 SMP/MTS/SMPLB/Paket B

Jadwal ANBK 2022 SMA/SMK/MA/SMALB/Sederajat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Restu Wahyuning Asih
Terkini