Anak Usaha PLN, Indonesia Power Luncurkan Fitur Manajerial Aset

Bisnis.com,27 Agt 2022, 17:59 WIB
Penulis: Rahmad Fauzan
Pekerja melakukan pemeliharaan rutin di Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Grati di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Kamis (21/3/2019)./ANTARA-Widodo S Jusuf

Bisnis.com, JAKARTA- PT PLN (Persero) melalui anak usahanya PT Indonesia Power (IP) meluncurkan fitur manajerial aset anyar bernama Smart Monitoring of Operation Management System (SMOMS).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan SMOMS merupakan sistem manajemen pengelolaan data operasi pembangkit end to end yang terintegrasi dengan Computerized Maintenance Management System (CMMS).

Fungsinya adalah meningkatkan kualitas, integritas dan treaceability dalam pengelolaan data parameter operasi seluruh aset ataupun peralatan pembangkit.

Fitur tersebut diluncurkan melalui aplikasi Digital Assistant to Monitor Operation Daily (IP Diamond) yang sudah terintegrasi dengan Maximo, yakni software aplikasi yang berfungsi melakukan manajerial aset.

“IP Diamond adalah aktivitas keseharian operasional di mana para operator kami melakukan tugasnya dengan dibantu oleh program ini,” ujar Darmawan dalam siaran pers, Sabtu (27/8/2022).

Sebagai informasi, IP Diamond merupakan aplikasi pintar yang berfungsi mendukung proses transaksi, rekaman, validasi, dan analisis data operasi pembangkit digital secara realtime, ergonomis dan mobile.

IP Diamond dilengkapi dengan tool untuk mendukung pillar operation management_ dalam mewujudkan implementasi integrated asset management.

SMOMS melalui aplikasi IP Diamond dilakukan pada 13 Juli 2022 di PLTU Suralaya dan telah mendapatkan Surat Pencatatan Ciptaan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia pada 12 Agustus 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Kahfi
Terkini