Ini Progres Pembahasan Isu dalam 4th DEWG 2022

Bisnis.com,29 Agt 2022, 12:03 WIB
Penulis: Rio Sandy Pradana
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memberikan penjelasan di Jakarta, Kamis (7/11/2019). Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, NUSA DUA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate memaparkan sejumlah isu yang dibahas dalam 4th Digital Economy Working Group (DEWG) Meeting 2022.

Johnny menuturkan ketiga isu tersebut antara lain konektivitas dan pemulihan usai Covid-19, keterampilan digital dan literasi digital, serta Data Free Flow with Trust (DFFT) dan Cross-Border Data Flow (CBDF).

"Kami telah menyimpulkan diskusi tentang konsep People-centered Digital Connectivity sebagai perpanjangan dari konektivitas digital," katanya, Senin (29/8/2022).

Dia mengeklaim telah mendapatkan respons positif dari anggota G20 dalam isu keterampilan digital dan literasi digital untuk memajukan masyarakat. Para anggota telah berbagi pengalaman untuk meningkatkan partisipasi dari pihak yang kurang terwakili dalam ekonomi digital dan pertukaran kebijakan.

Isu prioritas ketiga, lanjutnya, soal Data Free Flow with Trust (DFFT) dan Cross-Border Data Flow (CBDF). Forum DEWG mengusulkan diskusi tentang prinsip yang ditetapkan seperti keabsahan, keadilan, transparansi, dan sampai batas tertentu, dan resiprokal.

Nantinya, kesimpulan dalam 4th DEWG Meeting 2022 menjadi titik terakhir dalam perumusan Paket Bali untuk Presidensi G20.

Selama empat hari ke depan, Kemenkominfo akan melaksanakan 4th DEWG yang dilanjutkan dengan Digital Economy Ministerial Meeting (DEMM) di Nusa Dua.

Dalam pertemuan ini, Industry Task Force (ITF) DEWG akan mempertunjukkan adopsi teknologi digital Indonesia kepada seluruh delegasi dari negara anggota G20 sebagai bentuk kolaborasi antara pemerintah dengan industri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Rio Sandy Pradana
Terkini
'