Konten Premium

5G Mining Freeport Indonesia (PTFI) dan Potensi Cuan Rp1.120 Triliun

Bisnis.com,01 Sep 2022, 18:59 WIB
Penulis: Hafiyyan
Sejumlah Haul Truck dioperasikan di area tambang terbuka PT Freeport Indonesia di Timika, Papua. Wilayah ini disebutkan telah ditutup dan beralih ke tambang bawah tanah./Antara - Muhammad Adimaja

Bisnis.com, TEMBAGAPURA - Inovasi digital semakin nyata mentransformasi sejumlah sektor, mulai dari bisnis rumah tangga skala UMKM, industri finansial dengan investasi triliunan, hingga pertambangan. Menjawab perkembangan dan kebutuhan zaman, PT Freeport Indonesia (PTFI) dengan berkolaborasi bersama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) meluncurkan 5G Mining.

Sebetulnya, sistem otomatisasi berupa pengendalian operasional tambang dari jarak jauh sudah diinisiasi PTFI sejak 2006. Inovasi digital tersebut terus berkembang, dan saat ini diperkuat dengan sistem 5G Mining. Pengaplikasian teknologi dalam aktivitas penambangan sekaligus memudahkan target manfaat ekonomi PTFI terhadap negara yang diperkirakan mencapai US$80 miliar atau sekitar Rp1.120 triliun (estimasi kurs Rp14.000 per dolar AS) hingga 2041.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya menyampaikan Indonesia harus mampu bersaing di segala sektor yang semakin terdigitalisasi. Sektor pertambangan pun juga tidak boleh ketinggalan harus segera mengimplementasikan teknologi artificial intelligence (AI), internet of things (IOT), machine learning, hingga big data dalam rangka mendukung seluruh operasional di pertambangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Hafiyyan
Terkini