Konten Premium

Nasib Saham Translog Saat BBM Naik: Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Bisnis.com,05 Sep 2022, 11:26 WIB
Penulis: Rinaldi Mohammad Azka
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa (26/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis.com, JAKARTA – Keputusan pemerintah untuk mengerek harga BBM subsidi yang berlaku per Sabtu (3/9/2022) menjadi kabar muram buat emiten-emiten sektor transportasi dan logistik (translog). Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga, pergerakan saham dan kapitalisasi pasar sektor ini terancam makin amblas meski sebenarnya sudah bergerak lesu dalam 2-3 bulan terakhir.

Kepala Ekonom Trimegah Sekuritas Indonesia Fakhrul Fulvian menjelaskan, emiten translog bakal terdampak lebih cepat oleh kenaikan harga BBM, baik bersubsidi maupun non-subsidi.

"Sektor transportasi akan hadapi kenaikan BBM secara langsung, terpengaruh berat. Itu mereka paling tidak menghadapi jual beli minyak untuk industri juga sudah naik sejak kemarin, kondisi sudah normal sekarang, [dan] harapan pakai jasa kurir tidak kencang lagi momentumnya," jelasnya dalam diskusi virtual, dikutip Senin (5/9).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Terkini