Konten Premium

Kala Bank Digital Seabank Indonesia, Sister Company Shopee, Menarik Atensi

Bisnis.com,13 Sep 2022, 10:06 WIB
Penulis: Leo Dwi Jatmiko
Seabank Indonesia./Istimewa

Bisnis.com,  JAKARTA - Digitalisasi yang dilakukan perbankan di Tanah Air memberi efek positif pada peningkatan daya saing UMKM. Selain menawarkan proses yang lebih cepat, digitalisasi perbankan juga mempermudah UMKM dalam mengakses permodalan. 
 
Salah satu bank digital yang dianggap berhasil dalam mendorong UMKM naik kelas lewat digital adalah PT Bank Seabank Indonesia, lembaga keuangan milik Sea Group. Sea Group sendiri merupakan induk dari Shopee dan Garena. 
 
Dalam Jurnalist Class Event yang diselenggarakan OJK pekan lalu, Kepala Departemen Penelitian dan Pengaturan Perbankan OJK Anung Herlianto mengapresiasi bank yang dahulu dikenal sebagai PT Bank Kesejahteraan Ekonomi itu. Dia mengatakan Seabank Indonesia telah berhasil menciptakan sinergi ekosistem digital dan membantu menciptakan inklusi keuangan dengan mendorong lebih 5 juta UMKM yang terhubung dalam ekosistemnya untuk naik kelas dan bertransformasi ke digital. 


 Seabank Indonesia menjadi salah satu contoh bank digital yang berhasil memanfaatkan ekosistem - dalam hal ini Shopee - yang dimiliki untuk tumbuh bersama-sama. Dari sisi bank, Seabank Indonesia menghimpun dan menyalurkan pembiayaan, tidak hanya UMKM, tapi juga pengguna. 
 
Penyaluran dapat dilakukan secara tepat waktu, tepat jumlah dan tepat sasaran dengan risiko terukur karena data yang dimiliki Shopee seputar pengguna dan UMKM, sudah kuat dan akurat.  
 
“Ada sekitar 5 juta pelapak yang terhubung dengan ekosistem Shopee. Sebagian besar UMKM. Mereka memiliki database dan scoring yang baik. Misalnya A tidak pernah menunggak dan selalu lancar, kemudian ditawarkan paylater,” kata Anung dalam Journalist Class pekan lalu. 
 
Anung menuturkan pembiayaan yang ditawarkan Shopee tidak hanya diberikan kepada UMKM, tetapi juga kepada para pengguna aplikasi yang ingin membeli barang-barang UMKM. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Anggara Pernando
Terkini