Anak Sakit Batuk Berdahak Hijau, Waspada Alami Bronkitis

Bisnis.com,14 Sep 2022, 17:13 WIB
Penulis: Widya Islamiati
Ilustrasi paru/livescience

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini viral seorang bayi terkena bronkitis diduga karena ayahnya yang perokok. Apa sih sebenarnya bronkitis itu?

Bronkitis, penyakit infeksi saluran pernapasan besar ke paru-paru atau bronkus, mengalami pembengkakan sehingga kemudian menyebabkan berlebihan lendir.

Penyakit ini juga termasuk penyakit yang kerap kali menyerang anak-anak jug bayi. Prosesnya adalah ketika anak mengalami batuk, pilek, sakit tenggorokan, ataupun infeksi sinus.

Virus yang sama,yang menyebabkan sejumlah kondisi tersebut akan menyebar ke bronkus atau saluran bronkial, menyebabkan pembengkakan, peradangan, lendirnya membuat saluran tersebut tersumbat dan terjadi batuk basah.

Berikut ini ulasan mengenai bronkitis pada anak dan bayi berdasarkan babycenter dan healthline.

Bayi tidak alami bronkitis, tetapi bronkiolitis

Berbeda dengan anak-anak ataupun orang dewasa, bayi di bawah usia dua tahun tidak mengidap bronkitis, melainkan bronkiolitis. Ini merupakan kondisi ketika saluran udara bayi yang berukuran lebih kecil dan juga lebih mudah tersumbat.

Penyakit ini merupakan penyakit yang paling umum diderita oleh bayi hingga memerlukan perawatan medis di rumah sakit pada tahun pertama kehidupan. Gejalanya relatif sama dengan bronkitis, meliputi pilek, hidung tersumbat, serta batuk ringan.

Gejala bronkitis pada anak

Batuk menjadi gejala paling umum dialami oleh anak-anak yang menderita bronkitis. Batuk yang dialami anak dengan bronkitis, awalnya seperti layaknya batuk berdahak biasa. Namun, lendir atau dahak pada batuk ini akan berkembang menjadi berwarna, seperti kuning, abu-abu ataupun hijau.

Gejala lain yang mungkin dialami oleh anak meliputi sakit dada, kelelahan, pilek, kedinginan, nyeri ataupun demam ringan, muntah saat batuk, sesak di dada, sesak napas, sakit kepala dan sakit badan ringan. The National Health Service (NHS) menyebut sesak napas serta napas yang bersuara bisa menjadi tanda idap bronkitis akut.

Penyebab bronkitis pada anak

Menurut American Lung Association (ALA) penyebab utama yaitu sekitar 95% kasus bronkitis merupakan virus, yang dikenal dengan sebutan bronkitis virus. Namun ada juga bronkitis yang disebabkan oleh bakteri atau bakterial bronkitis.

Penanganan bronkitis pada anak

Dokter akan menyarankan untuk beristirahat serta banyak meminum cairan kepada anak yang menderita bronkitis akut, selain itu dokter akan memberikan obat sesuai gejala yang dialami. Namun, untuk penanganan bronkitis bakterial, dokter akan memberikan antibiotik untuk mengatasi bakteri penyebab timbulnya penyakit tersebut.

Berikut ini tips untuk membuat anak-anak merasa nyaman saat sedang alami gejala bronkitis:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Mia Chitra Dinisari
Terkini