Dapat Permintaan, Indo Tambangraya Megah (ITMG) Bakal Ekspor ke Eropa?

Bisnis.com,15 Sep 2022, 23:48 WIB
Penulis: Annisa Kurniasari Saumi
Aktivitas pertambangan batu bara kelompok usaha PT Indo Tambangraya Megah Tbk. /itmg.co.id

Bisnis.com, JAKARTA - Krisis energi di Benua Eropa membuat emiten batu bara PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) mendapatkan permintaan batu bara dari "benua biru" tersebut.  

Direktur Indo Tambangraya Megah Jusnan Ruslan mengatakan, beberapa permintaan batu bara dari Eropa sudah datang ke pihaknya. Namun, dengan produksi saat ini, ITMG akan fokus untuk menyuplai pelanggan di pasar Asia.

"Tahun 2022, kami akan fokus ke pelanggan kami yang sudah ada di Asia, beberapa permintaan dari Eropa sudah datang ke kami. Namun, dengan produksi saat ini, kami masih prioritaskan untuk customer yang sudah kami maintain bertahun-tahun," kata Jusnan dalam Public Expose Live 2022, Kamis (15/9/2022).

Jusnan menuturkan, tahun 2023 ITMG melihat kemungkinan permintaan batu bara masih akan baik di Asia, sehingga ITMG akan fokus menjaga pelanggan dari wilayah Asia.

"Tapi tidak kami pungkiri prospek di Eropa juga sedang kami pelajari. Ketika permintaan akan membaik, dari sisi harga, kami tidak akan melepas peluang tersebut," ucapnya.

Dia melanjutkan, hingga semester I/2022, ITMG telah menggenggam kontrak penjualan batu bara sebanyak 88 persen, dari target penjualan sebesar 20,5 juta-21,5 juta ton. Dengan jumlah kontrak tersebut, masih ada sisa 12 persen batu bara yang harus dijual ITMG sampai akhir tahun.

Adapun, sepanjang paruh pertama 2022, ITMG memproduksi batu bara sebanyak 7,7 juta ton. Volume penjualan tercapai sebanyak 8,1 juta ton, yang dipasarkan ke Tiongkok 2,3 juta ton, Indonesia 1,8 juta ton, Jepang 1,3 juta ton, Filipina 0,6 juta ton, Bangladesh 0,5 juta ton, dan negara-negara lain di Asia Timur, Tenggara, Selatan serta Oseania.

Untuk tahun 2022, ITMG menargetkan volume produksi antara 17,5-18,8 juta ton dengan volume penjualan sebesar 20,5-21,5 juta ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Kahfi
Terkini