Konten Premium

Pesta Komoditas Batu Bara, Mampukah Bertahan hingga 2024?

Bisnis.com,16 Sep 2022, 12:05 WIB
Penulis: Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra & Yustinus Andri
Alat stacker-reclaimer batu bara PT Bukit Asam Tbk. (PTBA). Alat ini digunakan untuk mengambil batu bara dari tumpukan menuju conveyor untuk kemudian dikirim ke train loading station./Bisnis - Aprianto Cahyo Nugroho. Menakar Daya Tahan Pesta Batu Bara hingga 2024

Bisnis.com, JAKARTA – Kenaikan permintaan dan harga batu bara di pasar global, secara tidak langsung membuat beberapa negara produsen komoditas tersebut ‘berpesta’ sejak tahun lalu. Indonesia dalam hal ini menjadi salah satu negara yang menikmati momentum itu.

Bahkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), nilai ekspor batu bara Indonesia terus menanjak sejak 2021. Kecuali, ketika Pemerintah Indonesia melakukan pelarangan ekspor batu bara pada awal tahun ini, yakni pada bulan Januari.

Terakhir, nilai ekspor batu bara Indonesia pada Agustus 2022, menembus US$4,4 miliar. BPS melaporkan, pada bulan tersebut volume ekspor batu bara Indonesia mengalami penurunan menjadi 32,8 juta ton dari bulan sebelumnya yang mencapai 33,5 juta ton.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

  Konten Premium

Anda sedang membaca Konten Premium

Silakan daftar GRATIS atau LOGIN untuk melanjutkan membaca artikel ini.

Simak berita lainnya seputar topik di bawah ini:
Editor: Yustinus Andri DP
Terkini